sign up SIGN UP search


parenting

Rambut Bayi Tak Kunjung Tumbuh, Kapan Bunda Harus Khawatir?

Melly Febrida Rabu, 06 Jan 2021 08:46 WIB
close-up portrait of baby boy and his mother caption

Jakarta - Gemas melihat bayi yang terlahir dengan rambut lebat. Apalagi kalau sudah berbulan-bulan, rambutnya masih saja jarang. Kapan ya rambut bayi tumbuh lebih lebat?

"Bagaimanapun juga, yakinkan bahwa anak Anda akan memiliki pertumbuhan rambut yang normal pada suatu saat, meskipun mungkin perlu waktu untuk terlihat," kata dokter anak David Geller, M.D., dikutip dari Baby Center.


Dokter anak Toronto Beverly Kupfert juga mengatakan kalau rambut ini menjadi masalah umum yang menjadi perhatian orang tua baru. Beberapa khawatir karena rambutnya terlalu banyak , sementara yang lain khawatir tentang rambutnya tipis.  

"Hanya karena bayi masih botak pada usia 18 bulan atau lebih, tidak berarti dia tidak akan memiliki rambut indah setelahnya," kata Kupfert.  

Tidak ada yang tahu seperti apa rambut bayi nantinya atau berapa banyak rambut mereka nantinya. Lebat atau jarang itu normal, dan begitu juga segala sesuatu di antaranya.

"Semua bayi pada akhirnya akan memiliki rambut, dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan menyuap mereka untuk mengizinkan Anda menyisir rambut atau merencanakan potong rambut pertama," ujar Melanie Santos, seorang personal development brand.

Setiap bayi berbeda dan kelucuan tidak mengenal batas rambut, Bunda.  Nikmati bulan-bulan pertama kehidupan si kecil, berambut atau tanpa rambut.

"Jangan khawatir jika bayi Anda lahir dengan sedikit atau tanpa rambut, atau jika mereka kehilangan hampir semuanya selama beberapa bulan pertama setelah lahir.  Pastikan untuk menjauhkannya dari sinar matahari, terlebih lagi jika kulit kepalanya terpapar," katanya.

Sisi baiknya, kata Santos, bayi yang rambutnya tipis jadi lebih sedikit pekerjaan membersihkan rambutnya.  Kebanyakan bayi akan menata rambut mereka pada ulang tahun pertama mereka. 


"Genetika juga berperan di dalamnya.  Coba lihat kembali foto bayi Anda sendiri untuk menenangkan pikiran," imbuhnya dikutip Health Line.

Kalau bayi tampak botak saat mendekati ulang tahun ke-2, Santos menyarankan membicarakan dengan dokter tentang kemungkinan penyebab kebotakan bayi. Biasanya dicurigai jika bayi berusia lebih dari 6 bulan dan masih banyak rambut rontok.

Kebotakan bayi jarang bisa disebabkan oleh jamur atau bisa jadi kondisi autoimun.  Ada perawatan yang tersedia untuk kedua kasus tersebut. Apa saja? Simak di halaman selanjutnya ya!


Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19/ Foto: Mia Kurnia Sari


Simak juga yuk Bunda cara mengatasi kutu rambut dengan bahan alami seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Rambut Bayi Juga Bisa Rontok
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi