sign up SIGN UP search


parenting

Rambut Bayi Tak Kunjung Tumbuh, Kapan Bunda Harus Khawatir?

Melly Febrida Rabu, 06 Jan 2021 08:46 WIB
Rambut Bayi Juga Bisa Rontok
close-up portrait of baby boy and his mother caption

Menurutnya, bayi juga bisa mengalami kerontokan rambut. Selama kehamilan, beberapa hormon akan melewati plasenta dan beredar ke seluruh tubuh bayi. Tak lama setelah lahir, kadar hormon ini mulai menurun.

"Jika bayi Anda lahir dengan rambut yang rimbun, Anda akan menyadari bahwa mereka akan mulai kehilangannya," kata Santos.

Bunda, jangan panik kalau menemukan rambut bayi berserakan di kasur atau kursi mobilnya.  Rambut baru lahir mulai rontok selama bulan kedua, berlanjut sampai bayi mencapai usia 6 bulan atau lebih.  

Jika bayi menghabiskan sebagian besar waktunya di punggungnya alias sering terlentang, Bunda mungkin melihat botak yang lebih besar di bagian belakang kepalanya.



"Setelah rambut baru tumbuh, Anda mungkin melihat warnanya berbeda dari warna aslinya, seringkali lebih terang.  Teksturnya kemungkinan besar juga akan berbeda, karena rambut bayi yang baru lahir biasanya sangat halus dan rapuh," kata Santos.

Apabila rambut bayi terus rontok setelah 6 bulan, tanyakan kepada dokter kemungkinan masalah lain seperti kekurangan nutrisi, penyakit autoimun, atau jamur.  

Bercak merah atau kulit yang mengalir dalam bentuk apa pun dapat menunjukkan kemungkinan alergi dan masalah kulit lainnya.

Nah kalau rambut bayi sudah agak tebal sedikit saja, Bunda pastinya ingin segera menguncirnya. Tapi Santos mengatakan, jangan menggunakan karet rambut apa pun sampai anak lebih besar sedikit.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi