sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ini Dia Manfaat Membacakan Cerita Dongeng untuk Anak

Tim HaiBunda Senin, 18 Jan 2021 12:49 WIB
Mother and children enjoy reading time at Fun Park caption
Jakarta -

Dongeng merupakan salah satu hal yang paling disukai Si Kecil. Apalagi dongeng berbentuk cerita fabel di mana mengisahkan cerita tentang binatang yang sarat akan makna dan nilai sosial, tentu lebih disukai lagi oleh Si Kecil. Tahukah Bunda bahwa membacakan dongeng memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil? Berikut ini beberapa manfaat dari membacakan dongeng untuk anak.

Membuat Si Kecil cinta membaca

Manfaat yang paling dapat Bunda rasakan setelah rajin membacakan cerita dongeng untuk anak adalah menjadikan Si Kecil mencintai membaca. Membiasakan budaya membaca sejak dini akan menjadikan anak tertarik untuk membaca. Jika anak menyukai membaca maka tentunya akan memberikan dampak yang sangat baik bagi kehidupannya kelak.

Mengajarkan nilai moral dengan cara menarik

Dongeng tidak hanya menarik dan menghibur bagi anak. Namun juga memiliki nilai moral yang baik. Hampir semua cerita dongeng anak memiliki nilai moral yang tersembunyi. Nah, melalui budaya membacakan dongeng ini, anak dapat belajar nilai moral dan budi pekerti melalui cerita yang ia dengar atau baca.


Sebagai contoh pada kisah Kelinci dan Kura - Kura. Pada kisah ini anak dapat belajar nilai moral bahwa sebagai manusia kita tidak boleh sombong. Sehebat apapun kita, tetap saja kita tidak boleh memandang remeh orang lain meski kemampuan kita jauh lebih baik dari dirinya.

Pada kenyataannya justru mereka yang diremehkan, jika mau berjuang dan berusaha akan keluar sebagai pemenang. Dan, masih banyak lagi nilai moral dan budi pekerti yang terkandung dalam setiap dongeng anak.

Father reading a book to his daughter while lying on the floor in bedroomIlustrasi cerita dongeng/ Foto: Getty Images/iStockphoto/g-stockstudio

Menjadikan anak lebih cerdas

Membaca dongeng atau mendengar cerita dongeng akan membuat Si Kecil berimajinasi. Imajinasi akan berkembang dan terbentuk dengan sendirinya ketika anak mendengarkan dongeng. Dengan rutin membacakan dongeng maka anak akan terbiasa untuk berpikir kreatif, kebiasaan berpikir kreatif akan sangat berguna bagi kehidupan Si Kecil di masa yang akan datang.

Bahkan baru-baru ini ada penelitian yang menyebutkan bahwa anak dengan daya imajinasi yang tinggi akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan berpikir cepat juga akan ditunjukkan oleh anak yang memiliki daya imajinasi tinggi. Rasa ingin tahu yang tinggi juga akan menjadikan anak lebih
cepat berkembang.

Kemampuan bahasa berkembang pesat

Kemampuan berbahasa anak yang rajin dibacakan cerita dongeng dengan yang jarang mendengar cerita dongeng juga akan berbeda. Anak yang rutin dibacakan cerita dongeng akan memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik. Anak yang biasa dibacakan dongeng akan mendengar lebih banyak kosakata dibanding dengan anak yang tidak mendengar dongeng. Kosakata yang diserap sejak dini tentu akan lebih bermanfaat bagi anak.

Anak akan dengan mudah mengekspresikan apa yang dirasakan karena anak sudah memiliki kosakata yang banyak. Selain itu kemampuan berkomunikasi anak yang sering dibacakan dongeng tentu akan lebih baik dibanding dengan yang tidak. Untuk itu Bunda, yuk bacakan dongeng untuk Si Kecil mulai hari ini. (PK)

Lihat juga cerita para Bunda seleb yang punya kiat menumbuhkan minat baca pada anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi