sign up SIGN UP search


parenting

11 Pilihan Mainan Anak Tiga Tahun, Salah Satunya Magnetic Block yang Lagi Hit

Melly Febrida Sabtu, 16 Jan 2021 15:45 WIB
Hands of a boy assemble a magnetic constructor. in Cheboksary, Chuvashia Republic, Russia caption

Si Kecil mau ulang tahun, tapi bingung mainan apa ya buat hadiahnya? Anak-anak sebaiknya diberikan mainan yang sesuai usianya. Ketika anak berusia tiga tahun, Bunda bisa memberikan mainan anak edukasi sesuai dengan kemampuan mereka, sembari membantu anak mengembangkan dan menguasai kepintaran barunya.

Mengutip laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH mengatakan bahwa ada beberapa fase perkembangan penting dalam usia anak yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan ketika memilih game yang tepat untuk anak.


Sementara itu, situs Fatherly menjelaskan, pada usia 3 tahun anak-anak berbicara dalam kalimat lengkap dan karenanya cukup besar untuk memberi tahu Ayah dan Bunda jika mereka menyukai sesuatu, tetapi terlalu muda untuk mengartikulasikan apa yang mereka inginkan dengan jelas dan spesifik.  
Jadi Bunda harus menebak-nebak, saat mencoba menguraikan mainan mana yang akan membuat anak yang berusia 3 tahun tertantang, terhibur, dan asyik. Mainan edukatif yang tepat untuk balita bisa membuat anak belajar dengan menghargai apa saja yang ditemukan dan membuat anak gembira.

“Anak usia tiga tahun sangat ingin memecahkan masalah dan membuatnya sesuai keinginannya.  Itulah mengapa semua jenis balok merupakan pilihan yang menyenangkan untuk anak usia 3 tahun yang ingin menjelajahi, membuat, dan mencari tahu," kata Rebecca Parlakian, direktur senior program di Zero to Three.

Bunda bisa melihat ketika anak bermain dengan pretend play prop, mainan alat peraga. Menurut Parlakian, mainan ini mendorong anak usia 3 tahun yang penuh semangat untuk bercerita dan memerankan peran, seperti boneka, kostum pretend play, dan buku cerita dengan alur cerita sederhana dan ilustrasi yang jelas.

“Terakhir, jangan lupa bahwa anak usia 3 tahun suka bergerak. Semua ukuran bola, set bowling, terowongan untuk dilalui, garu dan sekop seukuran anak-anak (sehingga mereka dapat 'membantu' Anda), dan mainan beroda untuk didorong dan dikendarai ”semuanya merupakan hadiah yang bagus untuk anak usia 3 tahun," ujarnya.

Berikut beberapa pilihan mainan untuk anak usia tiga tahun.

1. Foam block

Balok (block) enggak selalu terbuat dari bahan keras. Kalau Bunda khawatir, balok keras bisa melukai anak karena suka melempar-lempar, Parlakian menyarankan balok dari busa (foam) Blockaroo. Balok busa lembut ini bersifat magnetis dan berputar 360 derajat, sehingga memungkinkan anak-anak terlibat dalam permainan pura-pura terbuka.  


Selain itu, anak belajar tentang bentuk dan warna, saat membangun bangunan aneh atau 'menghidupkan' makhluk aneh.

2. Mainan dokter-dokteran

Anak-anak biasanya suka takut ke dokter. Tapi, dengan mainan ini mereka seakan jadi dokternya. Anak-anak bisa main dokter-dokteran manusia atau dokter hewan. 

"Dan rangkaian mainan ini menempatkan anak-anak sebagai penanggung jawab, memberdayakan mereka untuk merawat pasien berkaki empat, dan memahami bahwa perawatan medis adalah hal yang baik," kata Parlakian.

Dalam mainan dokter-dokteran, biasanya satu set isi mainan stetoskop, termometer, jarum suntik, penutup telinga, penjepit, gips, perban, dan salep.

3. Builder set

Mainan ini membebaskan anak usia 3 Tahun membangun apa saja. Mengingat tak ada petunjuk ketat yang harus anak ikuti, anak tak perlu takut salah.

"Anak-anak membangun apa pun yang mereka inginkan dan mewujudkannya dengan motor yang berfungsi. Set ini ideal untuk meningkatkan keterampilan motorik halus, koordinasi tangan-mata, pemikiran logis, dan penyelesaian tugas," ucapnya.

4. Skuter

Skuter adalah cara yang bagus bagi anak-anak agar aktif dan mengembangkan keterampilan motorik mereka.  Pilih yang stabil, dan memiliki T-bar yang dapat disesuaikan untuk mengakomodasi anak-anak saat mereka tumbuh.

Simak juga cara memilih mainan anak sesuai usianya dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner GKR BendaraFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
Mainan Anak Tiga Tahun, Wooden Balance Board dan Magnetic Block
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!