sign up SIGN UP search


parenting

Alasan Sacha Stevenson Pilih Sekolahkan Anak di Kanada, Kaya-Miskin Berbaur

Muhayati Faridatun Rabu, 03 Feb 2021 16:19 WIB
Sacha Stevenson dan putrinya, Zee caption
Jakarta -

YouTuber Sacha Stevenson memiliki seorang putri berusia empat tahun bernama Zee. Karena pandemi COVID-19, wanita asal Kanada ini memilih tidak menyekolahkan putrinya, Bunda. Lho, kenapa?

Sebelumnya, Zee sekolah di sekolah internasional Bali Island School. Ya, keluarga kecil Sacha memang sudah hampir lima tahun tinggal di Bali. Awalnya, Zee gratis sekolah di situ karena Sacha mendapat job untuk menangani media sosial sekolah tersebut.

Begitu pandemi melanda, Zee harus sekolah online sama seperti murid lain di seluruh Indonesia. Sacha mengaku kewalahan jika harus mendampingi Zee belajar daring setiap hari.


"Kita harus benar-benar duduk di situ, mengajar dia pakai software-nya. Itu hebat, tapi butuh orang kerja full time jadi gurunya," kata Sacha Stevenson, saat Intimate Interview HaiBunda via Zoom baru-baru ini.

Akhirnya, Sacha dan suami sepakat untuk memberhentikan Zee sekolah. Selain tak sanggup mendampingi sekolah online, mereka juga beranggapan bahwa anak seusia Zee belum terlalu mendesak untuk sekolah.

Saat Zee sudah memasuki usia sekolah, Sacha pun berencana menyekolahkan putrinya itu di Kanada. Ia meyakini, sekolah negeri di kampung halamannya lebih bagus daripada di Indonesia. Menurut dia, bukan soal guru tapi tentang lingkungan di sekolah.

"Public school, sekolah gratis yang semua orang bisa ikut. Di Ottawa (Ibu Kota Kanada), banyak pengungsi dari Afrika, imigran, orang biasa seperti saya, orang kaya dan miskin di kelas, jadi ada bermacam tingkat sosial di satu kelas. Kita diskusi apapun di dalam kelas. Itu keren!" Sacha mengenang masa-masa sekolahnya dahulu.

Wanita 39 tahun ini lalu membandingkan sekolah di Kanada dengan international school di Indonesia. Ini yang membuatnya enggan menyekolahkan Zee di Indonesia. Apa katanya? Bunda lihat di video berikut ya:

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi