sign up SIGN UP search


parenting

Wah, Mayoritas Bunda Ternyata Setuju Sekolah Tatap Muka di Juli 2021

Zika Zakiya Selasa, 23 Mar 2021 15:46 WIB
Anak sekolah caption
Jakarta -

Bunda sudah dengar mengenai usulan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, untuk sekolah tatap muka di Juli 2021? Hal ini diusulkan oleh Nadiem saat Rapat Kerja dengan Komisi Pendidikan Komisi XDPR pada Kamis, 18 Maret 2021.

Usulan ini berdasarkan data bahwa dari 23 negara di kawasan Asia Timur dan Asia Pasifik, Indonesia tertinggal dalam hal pembukaan sekolah tatap muka. Data tersebut memperlihatkan bahwa 85 persen negara-negara di kawasan tersebut sudah membuka sekolahnya dalam kondisi terbatas.

Saat usulan ini kami tanyakan ke Bunda-bunda di rumah melalui polling Instagram Quetion, ternyata jawabannya 68 persen mendukung keputusan Pak Menteri, Bun. 


banner resep tahuFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Pertanyaan yang kami lempar adalah,"Setuju/tidak sekolah mulai bulan Juli 2021?". Dari polling tersebut, muncul 1.708 partisipan dengan komposisi 'Setuju' sebanyak 68 persen atau 1.167 orang. Sedangkan yang 'Tidak Setuju' ada sekitar 32 persen atau 541 orang.

Alasan para Bunda yang memilih sekolah tatap muka sangatlah beragam, Bun. Tapi kebanyakan adalah karena pertimbangan psikis anak dan ketergantungan gadget.

Young woman wearing headphones learning using digital tablet and teleconferencing apps in living room at homeIlustrasi sekolah online/ Foto: Getty Images/staticnak1983

Seperti disampaikan Bunda dengan nama akun @indahlegiana2306,"Setuju sekolah lagi, belajar di rumah kurang efektif dan lebih banyak main. Di rumah terus pasti bosen pengen ketemu temen-temennya." Saran senada disampaikan akun Bunda @endangutaminingsih,"Sekolah daring membuat anak malas belajar dan kurang sosialisasi."


Sedangkan Bunda yang tidak setuju beralasan karena situasi pandemi dan protokol kesehatan. Contohnya disampaikan akun @arorasea,"Nggak setuju, kesehatan lebih mahal," tegasnya.

Keprihatinan serupa disampaikan akun @riskarakhmayanti,"Bokk negara lain antisipasi covidnya udah bagus, kasus menurun, bukan kayak di sini."

Nah, apakah Bunda setuju dengan pendapat di atas? Bunda yang belum sempat mengikuti polling tersebut, bisa lho ikut sumbang suara di kolom Komentar. Setujukah Bunda jika sekolah tatap muka dimulai di Juli 2021?

Simak juga video berikut mengenai cerita Bunda Rinni Wulandari yang berhenti sekolahkan anak karena tidak efektif selama belajar online.

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi