sign up SIGN UP search

parenting

9 Cara Tepat Menjemur Bayi

Rahmi Sarifa Sabtu, 13 Feb 2021 13:30 WIB
Menjemur bayi caption
Jakarta -

Kulit si kecil yang baru lahir tentunya masih sangat sensitif dengan sinar matahari. Maka Bunda perlu melindunginya dari efek berbahaya sinar matahari.

Menjauhkan si kecil dari sinar matahari langsung adalah hal yang baik. Tetapi untuk sinar mentari di pagi hari, justru bermanfaat, Bunda, buat si kecil. Maka menjemur bayi di pagi hari kerap dilakukan banyak ibu.

Sinar UV memberikan manfaat kesehatan yang besar apabila dimanfaatkan dengan cara yang tepat. Lalu, bagaimana cara tepat menjemur si kecil? Simak penjelasan berikut ya, Bunda.


1. Pilih waktu yang tepat untuk menjemur Si Kecil

Pastikan si kecil terpapar sinar matahari selama 10 hingga 15 menit antara pukul 07.00 dan 10.00 pagi untuk mendapatkan manfaat maksimal. Satu jam setelah matahari terbit dan satu jam sebelum matahari terbenam dianggap sebagai waktu terbaik untuk memaparkan si kecil ke sinar matahari.

Ini dikarenakan kulit si kecil sensitif, Bunda. Paparan sinar matahari pun tidak boleh lebih dari 30 menit. Paparan sinar UV yang berkepanjangan dapat merusak selaput kulit yang nantinya menyebabkan kemerahan, rasa terbakar, dan iritasi.

2. Gunakan pakaian minimal

Penting agar seluruh tubuh si kecil, termasuk dada dan punggung, mendapat perhatian yang sama. Jadi, sebaiknya si kecil tidak berpakaian lengkap. Jika memungkinkan, lindungi bagian matanya ya, Bunda.

3. Pilih lokasi yang tepat

Si kecil tidak perlu berjemur di tempat yang benar-benar terbuka di luar rumah, Bunda. Buka jendela yang dapat mengalirkan sinar matahari, atau letakkan si kecil di kamar dengan sinar matahari alami.

Jika cuaca berangin, sebaiknya tetap berada di dalam ruangan agar debu atau benda asing lainnya tidak memengaruhi matanya.

4. Bayi prematur perlu perhatian

Jika bayi prematur, jangan biarkan dia terkena sinar matahari selama beberapa minggu pertama. Si kecil mungkin tidak bisa menyesuaikan diri dengan suhu hangat, dan ini terbukti tidak aman untuknya.

Bayi prematur membutuhkan suhu tubuh yang stabil, oleh karena itu harus dijauhkan dari sinar matahari langsung pada periode awal. Jika si kecil sudah dalam kisaran berat badan yang sehat dapat dijemur di dekat jendela yang bersih.

Simak juga video cara sosialisasi COVID-19 pada anak:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner poligamiFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari



CARA TEPAT MENJEMUR SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi