sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Menyusui Bayi dengan Botol yang Benar, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 05 Feb 2021 15:11 WIB
Copy-spaced image of a mother feeding her little baby from the milkbottle caption

Bagi ibu  bekerja, pemberian ASI perah menggunakan botol mungkin sudah terbiasa ya. Tetapi, bagi Bunda yang berada di rumah dan sesekali ada keperluan untuk meninggalkan buah hatinya, tentu pemberian ASI dengan botol belumlah terbiasa.

Ya, baik Bunda yang sedang berjuang memberikan ASI untuk buah hati, memang tak ada salahnya mempelajari teknik yang benar dalam menyusui bayi dengan botol. Sehingga, bukan hanya Bunda yang merasa nyaman bahwa ASI dapat terserap dengan baik oleh buah hati, tetapi juga si kecil pun merasa nyaman dengan proses menyusu meski menggunakan botol.

Melansir The Bump, hal pertama yang perlu diperhatikan yakni bagaimana Bunda memilih botol dan dot yang tepat terlebih dahulu. Hal ini menjadi penting karena perangkat pendukung yang baik tentu akan memberikan kenyamanan pada si kecil saat menyusu dengan botol.


"Botol tertentu bekerja lebih baik untuk bayi tertentu,"ujar Jamie O'Day, BSN, RN, CLC, seorang konsultan laktasi dan cofounder of Boston NAPS. 

O'Day mencontohkan, misalnya ada beberapa bayi yang memiliki masalah dengan gas di perutnya kemungkinan akan lebih berhasil dengan botol yang memiliki sistem filtrasi. Sementara bagi bayi yang terbiasa disusui mungkin lebih berhasil minum dari botol yang bertujuan untuk meniru bentuk dan rasa payudara ibu.

Kemudian, hal yang tak boleh terlupakan juga yakni bagaimana Bunda memberikan botol tersebut pada buah hati dengan posisi yang benar. Pertama, lupakanlah tentang membaringkan bayi di pangkuan Bunda. Dengan posisi terlentang tentu dapat menyebabkan refluks dan menyebabkan infeksi telinga.

Sebagai gantinya, Bunda dapat menggantinya dengan menggendong bayi dalam pelukan Bunda. Ini merupakan posisi klasik yang mungkin dapat digunakan saat memberikan susu di botol pada buah hati Bunda. 

Cara menyusui bayi dengan botol ASI yang benar lainnya dimana dapat Bunda praktikkan yakni dengan menggendongnya dalam posisi setengah tegak dan sanggalah kepalanya. Jangan memberikannya dalam posisi berbaring karena susu dapat mengalir ke telinga tengah dimana dapat menyebabkan infeksi. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga cara memilih botol pumping dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



Gendong atau posisi duduk
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi