sign up SIGN UP search


parenting

4 Syarat Memberikan MPASI Menurut WHO, Bunda Perlu Tahu

Rahmi Sarifa Jumat, 19 Feb 2021 21:36 WIB
Young attractive mother feeding her cute baby son, giving him his first solid food, healthy vegetable pure from carrot with a plastic spoon sitting in a white sunny kitchen at a window Ilustrasi bayi makan MPASI/ Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld

Melihat Si Kecil yang sedang menyusu ASI eksklusif memang merupakan momen yang menyenangkan. Namun, tidak selamanya Si Kecil akan meminum ASI ya Bunda. Ada masanya saat memasuki usia 6 bulan, Si Kecil perlu mulai makan makanan padat untuk melengkapi kebutuhan gizi, atau yang dikenal dengan istilah MPASI.

MPASI adalah kepanjangan dari Makanan Pendamping ASI. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), ada empat syarat dalam memberikan MPASI kepada Si Kecil yakni tepat waktu, adekuat, aman, dan diberikan secara responsif. Simak penjelasannya ya.

1. Tepat waktu

Tepat waktu artinya MPASI yang diberikan ketika ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil, biasanya saat Si Kecil berusia 6 bulan. Pada umumnya, sejak Si Kecil sudah berusia enam bulan, ASI saja sudah tidak mencukupi kebutuhan zat gizi makro dan zat gizi mikro Si Kecil.


Pada usia enam bulan ada kesenjangan energi yang tidak dapat terpenuhi lagi dari ASI saja sehingga harus dicukupkan dari MPASI. Kesenjangan energi ini bertambah besar seiring bertambahnya usia Si Kecil. Jika kesenjangan energi tidak dapat terpenuhi dari MPASI, Si Kecil akan mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangannya.

Selain itu memberikan MPASI juga perlu memerhatikan kesiapan Si Kecil. Apabila Si Kecil yang sudah siap makan ditandai dengan menunjukkan ketertarikan pada makanan, dapat menegakkan kepala dan Si Kecil dapat duduk dalam waktu yang lama. Selain itu Si Kecil juga sudah mampu mendorong dan menelan makanan dari lidah ke tenggorokan.

Setelah enam bulan, jika cadangan zat besi sudah habis, maka MPASI harus mampu menyediakan zat besi yang memenuhi kesenjangan zat besi sejak berusia enam bulan.

Banner Resep TelurBanner Resep Telur/ Foto: Mia Kurnia Sari

2. Adekuat

Adekuat artinya MPASI yang diberikan harus mengandung zat gizi yang lengkap dan seimbang, dapat memenuhi kebutuhan zat gizi makro seperti karbohidrat, lemak dan protein serta mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Kecukupan MPASI dapat dilihat melalui jumlah, frekuensi, konsistensi dan variasi makanannya. Kebutuhan ini harus disesuaikan dengan tahapan usia Si Kecil ya Bun.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA untuk melanjutkan membaca syarat memberikan MPASI menurut WHO.

SYARAT MEMBERIKAN MPASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi