sign up SIGN UP search


parenting

4 Syarat Memberikan MPASI Menurut WHO, Bunda Perlu Tahu

Rahmi Sarifa Jumat, 19 Feb 2021 21:36 WIB
SYARAT MEMBERIKAN MPASI
Syarat dalam memberikan mpasi yang tepat untuk Si Kecil menurut WHO yakni tepat waktu, adekuat, aman, dan diberikan secara responsif. Lihat selengkapnya yuk. caption

3. Aman

MPASI harus diberikan dan disimpan dengan cara yang aman untuk Si Kecil. Pastikan MPASI diproses dengan baik dengan memperhatikan kebersihan dan kesehatan bahan makanan, alat memasak dan peralatan makan yang digunakan oleh Si Kecil.

Kebersihan tempat penyiapan MPASI, seperti tempat yang bersih, bahan yang bersih, alat yang bersih, yang menyiapkan juga bersih. Alat juga bisa dibagi menjadi alat untuk makanan mentah, alat untuk makanan matang, misal dari talenan, saringan, sehingga tidak tercampur.

Pada persiapan MPASI ini alat-alat yang diperlukan juga tidak sulit, biasanya hanya memerlukan pisau, talenan, saringan, ulekan, dan sendok. Tidak memerlukan alat elektronik khusus, sebab MPASI yang diproses adalah makanan yang hari itu juga dimakan oleh keluarga. Yang tidak kalah penting, cuci tangan sebelum memberi makan pada Si Kecil ya Bun.


4. Berikan dengan cara yang benar/responsif

Berikan MPASI dengan memperhatikan tanda rasa lapar dan kenyang dari Si Kecil. Pemberian makan secara aktif atau responsif, yaitu Bunda perlu mengetahui kapan waktu ketika Si Kecil lapar dan kenyang, sehingga Bunda tidak berpatokan pada makanannya harus habis, atau tidak memberikan makanan pada jam-jam tertentu. Perlunya interaksi antara Si Kecil dan Bunda yang menyuapi Si Kecil.

Selain itu perhatikan juga frekuensi makanan yaitu frekuensi makan berapa kali dalam sehari sesuai dengan pembagian usianya. Serta metode pemberian makanan pada Si Kecil.  Pemberian makanan harus dapat mendorong Si Kecil untuk mengonsumsi makanan secara aktif dalam jumlah yang cukup menggunakan tangan, sendok atau makan sendiri, tentunya disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan Si Kecil.

keberagaman makanannya, untuk semua kelompok usia sama yaitu variasinya disebut empat bintang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Sehingga dalam satu porsi makanan harus terdapat empat variasi tersebut. Perlu memerhatikan usia Si Kecil yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu 6-9 bulan, 9-12 bulan, dan 12-24 bulan.

Nah, itulah aturan dan syarat pemberian MPASI menurut WHO. Semoga Bunda semakin memahami cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, ya.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi