sign up SIGN UP search


parenting

7 Daftar Mainan yang Cocok untuk Perkembangan Bayi 0-12 Bulan

Annisa Karnesyia Minggu, 07 Mar 2021 13:01 WIB
MAINAN BAYI 0-6 BULAN: BUKU CERITA
Anak bermain caption

Mainan bayi usia 0-6 bulan

1. Bouncer

Bouncer atau ayunan kursi adalah barang terbaik yang bisa menjadi mainan anak di usia 0-6 bulan. Bouncer bisa ditambah fitur-fitur mainan menarik lain yang bisa membantu meningkatkan indra bayi.

Meskipun harganya mahal, bayi dapat menggunakan bouncer selama beberapa bulan dan mempelajari banyak keterampilan baru. Bunda dapat mengganti fitur mainan yang digantung di bouncer.

2. Playmat

Playmat adalah matras atau alas yang sering digunakan anak bermain. Bayi di usia 0-6 bulan membutuhkan waktu tengkurap, sehingga cocok ditempatkan di atas playmat.


Waktu tengkurap atau tummy time dapat membantu bayi membangun kekuatan di otot leher dan lengannya. Bayi nantinya akan menggunakan kontrol untuk keterampilan motorik, seperti merangkak dan berbicara.

Playmat berwarna dengan gambar-gambar cocok untuk perkembangan bayi 0-6 bulan yang sering penasaran. Bunda dapat memberikan berbagai mainan untuk mereka bermain di atas playmat.

3. Rattle

Rattle atau mainan berbunyi bisa melatih bayi menggunakan tangan, kaki, mata, dan sebagian besar indranya. Si Kecil juga bisa merespons serta belajar sebab dan akibat.

Bayi juga suka mainan berbunyi atau kerincingan. Beberapa mainan ini tak hanya mengeluarkan bunyi, tapi juga memiliki lampu berkedip.

Untuk bayi 0-6 bulan, rattle harus ringan, lembut, dan mudah dipegang ya. Selain itu, Bunda perlu mencari mainan yang gampang dibersihkan.

4. Buku

Membacakan cerita sangat penting untuk perkembangan bahasa dan kosakata bayi usia ini. Carilah buku yang berbahan kain lembut dan tahan lama.

Bayi bisanya akan menyentuh buku karena rasa penasaran. Mereka bisa belajar melihat gambar dan mendengar kata-kata baru saat dibacakan cerita.

MAINAN BAYI 0-12 BULAN: BALOK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi