sign up SIGN UP search


parenting

Serba-Serbi Perawatan Bayi Prematur yang Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 31 Mar 2021 15:49 WIB
A mother holds the tiny hand of her premature baby in hospital caption

Bayi prematur biasanya memerlukan perawatan intensif. Sebagian Bunda pun sering dilanda kekhawatiran karena perawatan yang harus dilakukan otomatis lebih ekstra dibanding bayi kelahiran cukup bulan.

Bayi dikatakan prematur apabila lahir sebelum 37 minggu kehamilan. Karena belum cukup bulan, berat yang mereka miliki pun masih sangat minim atau di bawah kelahiran bayi normal. Bayi yang lahir sebelum 37 minggu kehamilan biasanya memiliki risiko komplikasi lebih banyak dan membutuhkan perawatan intensif serta dukungan medis di ruang NICU.

"Dari aspek medis, setiap sistem organ bayi prematur masih belum matang. Contohnya paru-paru. Tantangannya ialah memastikan bahwa oksigen cukup dapat masuk ke dalam darah melalui paru-paru, dan ini seringkali terkendala karena paru-paru bayi prematur belum berkembang," ujar Dr Mark Mercurio, seorang profesor pediatri (neonatologi) di New Haven, seperti dikutip dari laman Live Science.


Tak hanya itu, di bagian otak, ada pula kemungkinan cedera karena bayi lahir sangat dini. Ini ada hubungannya dengan ketidakdewasaan otak secara struktural pada saat persalinan dan kemungkinan cedera lebih lanjut selama perawatan intensif dilakukan. 

Ya, Bunda, semakin awal bayi dilahirkan maka semakin kecil tubuhnya dan semakin besar kepalanya jika dibandingkan dengan bagian tubuhnya yang lain serta semakin sedikit lemak yang dimilikinya. Dengan sedikit lemak, kulitnya pun akan tampak lebih tipis dan lebih transparan di mana memungkinkan Bunda benar-benar melihat pembuluh darah di bawahnya.

Banner zaskia sungkar melahirkan

Secara fisik, bayi prematur akan tampak lebih tajam dan tidak bulat dan kemungkinan tidak memiliki vernix yang melindunginya saat lahir karena tidak diproduksi sampai akhir kehamilan. Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena pada waktunya bayi akan mulai terlihat seperti bayi baru lahir pada umumnya.

Mengingat tidak adanya memiliki lemak pelindung, bayi prematur pun akan lebih mudah kedinginan dalam suhu ruangan normal. Karena itu, biasanya para bayi ini akan ditempatkan di inkubator sesegera mungkin setelah lahir. Di tempat tersebut, suhu akan disesuaikan agar bayi tetap hangat. Setelah pemeriksaan singkat di ruang bersalin, bayi prematur biasanya akan dipindahkan ke NICU.

Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Merawat bayi, bagaimanapun kondisinya tetap butuh ilmu, Bunda. Di video ini ada tips memijat dan memandikan bayi baru lahir, yuk simak buat tambah pengetahuan:

[Gambas:Video Haibunda]



GAMBARAN PERAWATAN BAYI PREMATUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi