sign up SIGN UP search


parenting

15 Dampak Bayi Lahir Prematur, Gangguan Belajar hingga Masalah Penglihatan

Annisa Karnesyia Senin, 22 Nov 2021 13:02 WIB
bayi baru lahir Dampak Bayi Lahir Prematur, Gangguan Belajar hingga Masalah Pernapasan/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kelahiran bayi prematur masih menjadi sorotan di dunia medis. Hal ini karena kelahiran prematur menjadi salah satu penyebab utama kematian neonatal selain asfiksia dan infeksi, Bunda.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2018, angka kelahiran bayi prematur di Indonesia adalah 15,5 persen. Data tahun 2010 menunjukkan bahwa Indonesia masuk ke dalam 10 negara yang berkontribusi terhadap terjadinya kelahiran prematur di dunia.

Intervensi yang tepat dibutuhkan untuk merawat bayi prematur yang lahir. Sebab, semakin muda usia kehamilan dalam melahirkan bayi, semakin besar pula risiko komplikasinya pada Bunda dan buah hati.


"Semakin muda, semakin meningkat risiko komplikasi," kata Dokter Spesialis Anak Konsultan Neonatologi, Dr. dr. Putri Maharani TM, Sp.A(K) dalam Webinar Bicara Gizi bersama Danone, Rabu (17/11/21).

Banner Rekomendasi 3 Tanaman Hias Indoor

Kelahiran prematur dikhawatirkan dapat menyebabkan anak gagal tumbuh dan stunting. Bayi akan terlihat lebih kecil dan pendek dibandingkan rata-rata bayi pada usianya, Bunda.

Selain itu, anak dapat berisiko mengalami sindrom metabolik karena dilahirkan belum cukup bulan. Beberapa sindrom ini adalah dislipidemia, penyakit jantung, diabetes melitus, dan hipertensi.

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Konsultan Fetomaternal, Dr. dr. Rima Irwinda, Sp.OG(K) menjelaskan bahwa bayi prematur yang dirawat intensif bisa selamat dan sembuh. Namun, mereka mungkin tetap membutuhkan pemantauan khusus untuk tumbuh kembangnya.

"Ada yang sembuh, tapi ada juga yang meninggal. Kalau pun bisa pulang, bukan berarti mereka bebas dari komplikasi," ujar Rima.

Tak semua anak yang lahir prematur berisiko mengalami komplikasi atau dampak lanjutan ya. Namun, risiko ini perlu dikenali untuk mencegah masalah pada tumbuh kembang anak saat dewasa.

Lalu apa saja dampak bayi lahir prematur? Baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga tips menyusui bayi prematur, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
DAMPAK BAYI LAHIR PREMATUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!