sign up SIGN UP search


parenting

Ajak Si Kecil Bereksperimen Membuat Magnet, Manfaatkan Barang di Rumah

Melly Febrida Minggu, 18 Apr 2021 11:07 WIB
Little boy in Experiment caption

Anak-anak suka bereksperimen di rumah? Yuk, ajak mereka bereksperimen membuat magnet dengan cara sederhana dan praktis. Pastinya seru, anak-anak biasanya begitu takjub dengan kehebatan magnet yang bisa membuat benda-benda di sekitarnya menempel.

Salah satu cara membuat magnet kali ini dengan eksperimen  penjepit kertas magnetik, yang mudah dilakukan. Lewat cara ini, anak-anak akan belajar tentang gaya magnet.

Carol Vorderman dalam Help Your Kids with Science, mengatakan bahwa beberapa magnet bisa terjadi secara alami. Sedangkan beberapa bahan bisa dibuat bermagnet dengan melewatkan arus listrik.


“Magnet ini menghasilkan bidang magnetik yang menarik beberapa bahan dan dapat menarik atau mengganti magnet lainnya,” kata Vorderman.

Dikutip dari berbagai sumber, pada eksperimen penjepit kertas magnetik ini, anak-anak membutuhkan magnet kulkas, potongan logam kecil seperti klip kertas, dan potongan logam yang lebih kecil, seperti paku kecil, yang dapat anak gunakan untuk menguji sifat magnet penjepit kertas bermagnet.

Gadis Aceh dinikahi Polisi Turki

Untuk membuat magnet praktikkan cara di bawah ini: 

1. Gosok magnet ke penjepit kertas

Gerakkan dengan arah yang sama, bukan bolak balik. Gunakan gerakan cepat yang sama seperti Bunda menyalakan korek api.  Lanjutkan menggosok penjepit kertas dengan magnet sebanyak 50 kali secepat mungkin.

2. Sentuhkan penjepit kertas ke bagian logam yang lebih kecil

Apakah potongan logam kecil menempel pada penjepit kertas?  Apabila berhasil, artinya Si Kecil berhasil membuatnya menjadi magnet. Apabila logam belum menempel pada penjepit kertas, gosokkan 50 kali lagi dan coba lagi. 

3. Coba lagi

Coba ambil klip kertas lain dan benda yang lebih besar untuk menentukan seberapa kuat magnetnya.

4. Beriksperimen dengan benda lain

Bereksperimenlah dengan berbagai jenis logam, seperti peniti atau paku, untuk melihat mana yang menghasilkan magnet terkuat dan tahan lama.

Elektromagnet

Selain dengan paper clip alias penjepit kertas, membuat magnet bisa dengan elektromagnet. 

Elektromagnet ini dibuat dengan mengalirkan arus listrik melalui kumparan kawat.  Kumparan bersifat magnet selama menerima arus listrik. Saat Bunda mencabut steker listriknya, maka medan magnetnya pun hilang.

Cara ini dapat dilakukan dalam skala kecil dengan menggunakan perlengkapan ini, yang tersedia di toko perangkat keras yakni paku besi besar, kawat listrik, baterai, benda bermagnet kecil seperti penjepit kertas atau peniti, pemotong kabel, dan selotip.

Masih penasaran dan ingin mencoba membuat elektromagnet lainnya? Simak yuk di halaman selanjutnya!

Bunda juga bisa menyimak gaya parenting Chua 'Kotak' mendidik anak di era digital dalam video berikut nih:

[Gambas:Video Haibunda]



MEMBUAT MAGNET DENGAN ALIRAN LISTRIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi