sign up SIGN UP search


parenting

Cara Mudah Kenalkan Agama pada Anak, Dimulai Saat Mandi & Sikat Gigi

Annisa Karnesyia Kamis, 22 Apr 2021 10:30 WIB
Anak Puasa caption
Jakarta -

Bulan Ramadhan dapat menjadi waktu tepat mengenalkan agama pada si Kecil. Apalagi bagi anak yang suka bertanya tentang Islam nih, Bunda.

Lalu gimana nih cara menjawab anak yang penasaran tentang segala hal?

Dari kegiatan sehari-hari, Bunda sebenarnya bisa mulai membiasakan untuk menjawab pertanyaan anak dengan tauhid. Melalui cara ini, si Kecil bisa mengenal Islam dan mencintai Allah SWT.


Banner Muslimahpedia untuk ArtikelFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Menurut founder komunitas Hannah Indonesia, Ilma Dina, semakin anak mengenal Allah SWT, semakin dia akan menyayangi-Nya. Pada akhirnya, akan terbentuk hubungan personal antara anak dengan Allah SWT.

Bunda bisa memulainya dengan menyelipkan jawaban Tauhid saat anak melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya, saat mandi atau menyikat gigi.

"Niatkan segala sesuatu, misalnya ketika anak hendak membersihkan diri, seperti mandi atau menyikat gigi. Itu aktivitas rutin yang dilakukan dan kita bisa selipkan jawaban tauhid," kata Ilma, dalam acara Media & Community Gathering Festival #JawabdenganTauhid oleh Hannah Indonesia, via Zoom, Rabu (21/4/21).

"Bilang ke anak 'mandi dan gosok gigi itu bisa bikin kita bersih dan Allah SWT sangat menyukai orang yang menjaga kebersihan dan kesehatan mulut'. Jadi si anak akan berpikir kalau dia mandi dan sikat gigi, nanti Allah SWT bisa suka dengannya," sambungnya.

Ilma menjelaskan bahwa dalam seni komunikasi menjawab tauhid, kita perlu juga menyesuaikan usia dan ketertarikan anak. Gunakan bahasa yang sesuai usia mereka lalu beri contoh dari apa yang lagi disukainya.

Di usia 0 sampai 7 tahun adalah golden age untuk mengajarkan anak keimanan. Pada masa ini, mereka dapat menerima konsep apa pun yang dikatakan orang tuanya.

Namun, ketika anak memasuki usia di atas 7 tahun, Bunda perlu benar-benar menjelaskan hubungan anak dengan Allah SWT ya. Misalnya, tentang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Baca penjelasan lengkap di halaman berikutnya ya.

Simak juga panduan keluarga Nabi dalam mengajarkan anak puasa, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENJAWAB DENGAN TAUHID SAAT ANAK PUASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi