sign up SIGN UP search


parenting

3 Tips Mengajarkan Anak Tata Cara Sholat Tarawih

Annisa Karnesyia Selasa, 06 Apr 2021 13:09 WIB
Anak belajar sholat caption
Jakarta -

Bulan Ramadhan bisa menjadi waktu tepat untuk Bunda mengajarkan ilmu agama kepada si Kecil. Salah satunya, tata cara sholat tarawih.

Sholat Tarawih bisa dilaksanakan secara berjemaah bersama anak-anak di antara setelah sholat isya. Sebaiknya, kita memang mengajarkan ibadah ini sedini mungkin agar si Kecil mengerti. Namun, Bunda tidak boleh memaksa atau sampai memarahi anak yang menolak sholat ya.

Menurut Ustaz Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya, di dalam menyampaikan kebaikan ada aturannya. Sebagai orang tua, Bunda enggak boleh memaksakan perubahan dengan cara yang salah.


Banner Mantan Artis FTV Jadi Pengasuh

"Kadang kita ingin perubahan pada anak kita, itu seperti anak dijadikan robot. Anak belum bisa yang ini sudah dimarahi, tapi harus bisa yang berikutnya lagi. Sehingga, bahasa kita ke anak tidak santun, tapi dengan amarah," kata Buya Yahya, dikutip dari YouTube Al-Bahjah TV, Senin (5/4/21).

Untuk mengajarkan dan membiasakan anak sholat tarawih, Bunda memang perlu bersabar. Pada anak yang masih kecil, Bunda bisa mengajak mereka sholat berjamaah untuk mengenalkan keutamaan ibadah ini.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 3 tips mengajarkan anak tata cara sholat tarawih:

1. Mengenalkan keutamaan sholat tarawih

Anak-anak perlu diajarkan untuk mencintai agamanya. Sejak usia 7 tahun, Bunda bisa mulai mengajarkan anak-anak sholat dengan lebih serius agar dia dapat menyempurnakannya saat besar nanti.

Dalam hadist, sholat tarawih adalah sunnah. Berikut keutamaan sholat tarawih yang bisa dijelaskan pada anak:

1. Siapa pun yang menjalankan sholat tarawih akan mendapatkan pahala.

2. Setiap gerakan sholat tarawih yang dilakukan bisa menyehatkan tubuh. Nantinya, anak bisa kuat berpuasa keesokan harinya.

3. Menjalankan sholat berarti taat. Bila seorang anak bisa sholat tarawih, artinya dia bisa menjadi seseorang yang bertanggung jawab.

Baca halaman selanjutnya untuk tips lain, Bunda.

Simak juga kiat mengenalkan agama pada anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENGAJARKAN ANAK SHOLAT TARAWIH: FOKUS & MATIKAN TV
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi