sign up SIGN UP search


parenting

10 Tips Cepat Menidurkan Anak di Malam Hari, Bunda Perlu Tahu

Inkana Putri Senin, 04 Jan 2021 14:50 WIB
Cute little kid girl hugging teddy bear sleeping lay in cozy bed, happy small child embracing toy fall asleep on soft pillow white sheets covered with blanket having healthy night sleep, top view caption
Jakarta -

Menidurkan Si Kecil saat malam memang sering sekali jadi hal sulit untuk dilakukan ya, Bunda. Padahal, anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Namun, Si Kecil justru sering menolak tidur atau rewel ketika disuruh tidur pada waktunya. Akibatnya, tak jarang orang tua rela begadang dan kurang kurang karena hal tersebut.

Lalu, bagaimana sih Bunda tips cepat menidurkan anak? Mengutip Alaskasleep dan Parents, Bunda bisa lho coba beberapa tips dan trik berikut ini untuk membuatĀ anak tidur cepat dan tepat di malam hari.


1. Cukupi waktu tidur Si Kecil

Setiap anak tentu punya lama waktu tidur yang berbeda sesuai usianya. Seperti halnya, anak-anak berusia 1-4 minggu yang butuh waktu tidur sekitar 16-17 jam. Pada usia 1-4 bulan, anak cenderung tidur selama 16-17 jam.

Sementara itu di usia 4 bulan - 1 tahun, anak membutuhkan 14-15 jam tidur setiap hari. Untuk anak usia 1-3 tahun, mereka membutuhkan sekitar 12-14 jam tidur dan usia 3-6 tahun sekitar 11-12 jam tidur sehari.

Semakin bertambah usia anak maka lama waktu tidur yang diperlukan pun semakin berkurang. Di usia 7-12 tahun misalnya, pada usia ini anak cenderung membutuhkan jam tidur hanya sekitar 10-12 jam tidur malam.

2. Buat rutinitas sebelum tidur

Bicara soal tips cepat menidurkan anak, rutinitasĀ tidur malam disebut dapat menghilangkan stres waktu tidur bagi orang tua dan anak. Bahkan, hal ini juga bisa membantu anak tidur lebih nyaman.

Ada banyak hal yang bisa Bunda dan Si Kecil lakukan sebelum tidur. Namun pastikan aktivitas tersebut membuat rileks dan mendorongnya untuk tidur. Beberapa aktivitas tersebut diantaranya seperti mandi santai, sikat gigi, memakai piyama, membaca buku favorit anak, hingga ciuman selamat malam.

Rutinitas tersebut bisa disesuaikan dengan apa yang menurut Bunda cocok untuk kebutuhan anak. Jangan lupa juga untuk tetapkan rutinitas waktu tidur yang konsisten dan santai selama 20-30 menit sebelum tidur ya, Bunda.

3. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Menghadirkan kenyamanan tidur jadi salah satu kunci cepat menidurkan anak. Bunda harus pastikan menjaga kamar tetap gelap, tenang, dan sejuk. Jika Si Kecil tak suka gelap, Bunda bisa berikan sedikit penerangan dengan lampu tidur.

Beberapa anak juga sering sekali takut saat tidur sendirian. Untuk mengatasi kekhawatirannya, Bunda bisa taruh boneka atau mainan favoritnya untuk menemaninya saat tidur.

Hindari juga memberinya pakaian atau selimut yang membatasi pergerakannya saat tidur, serta membiarkan perangkat elektronik menyala. Hal ini mengingat cahaya yang dihasilkan dari TV, komputer, atau layar HP dapat membuat otaknya berpikir sehingga ia tetap terjaga.

4. Hindari makan sebelum tidur

Menjelang waktu tidur, sebaiknya Bunda hindari memberikan Si Kecil makanan, khususnya yang mengandung kafein. Pasalnya, kafein merupakan stimulan dan tidak terlalu baik untuk anak-anak. Jika anak lapar pada malam hari, Bunda bisa memberikannya makanan atau minuman yang tidak terlalu mengenyangkan seperti buah, segelas susu hangat, atau crackers.

Direktur Medis Layanan Tidur Pediatrik di Fakultas Kedokteran Universitas Case Western Reserve di Rumah Sakit Bayi dan Anak-anak Rainbow di Cleveland, Carol L. Rosen, juga menyarankan usai makan malam, hindari semua aktivitas yang dapat membuat anak aktif seperti berlari, melompat, dan lainnya. Mengingat aktivitas tersebut bisa membuatnya terjaga dan sulit diajak tidur.

5. Ingatkan waktu tidur

Mengingatkan anak untuk tidur juga merupakan tips cepat menidurkan Si Kecil yang tak boleh Bunda lewatkan. Agar anak tidur cepat, Bunda harus konsisten mengingatkannya jika sudah mendekati waktu tidurnya.

Bunda juga bisa menawarkannya pilihan seperti "Kamu mau tidur sekarang atau lima menit lagi?". Namun, hindari melakukan tawaran ini berkali-kali biar ia tak terbiasa mengulur waktu tidurnya.

Simak 5 tips cepat menidurkan anak lainnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga penyebab anak tidur ngorok dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat Pandemi



(som/som)
Biasakan olahraga
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi