sign up SIGN UP search

parenting

7 Dongeng Sebelum Tidur Penuh Makna, Cerita Kancil dan Buaya Salah Satunya

Kinan   |   Haibunda Kamis, 04 Aug 2022 19:30 WIB
7 Dongeng Sebelum Tidur Penuh Makna, Cerita Kancil dan Buaya Salah Satunya Ilustrasi 7 Dongeng Sebelum Tidur Penuh Makna, Cerita Kancil dan Buaya Salah Satunya. Foto: Getty Images/eyesfoto
Jakarta -

Sebelum tidur, apa kebiasaan yang dilakukan Bunda dan Si Kecil? Membaca dongeng bersama bisa menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan, lho. Selain meningkatkan bonding, beberapa cerita tertentu juga memiliki pesan moral yang baik untuk anak.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang tua berinteraksi secara verbal dengan anak-anak, termasuk dengan membacakan cerita sebelum tidur, ada manfaat besar yang didapat. Salah satunya bagi perkembangan otak anak.

Menurut peneliti dari National Institute of Child Health and Human Development in Bethesda, G. Reid Lyon, Ph.D, manfaat lain seperti peningkatan keterampilan logika dan menurunkan stres juga signifikan. 


Selain itu, kebiasaan membacakan cerita sebelum tidur juga dapat mengubah kinerja otak anak dan mempercepat proses belajar bahasanya.

"Ada indikasi yang jelas tentang perbedaan neurologis antara anak-anak yang secara teratur dibacakan cerita dan yang tidak. Jadi kebiasaan ini sangat baik dilakukan secara rutin," ujar Lyon, seperti dikutip dari Parents.

Nah, apa saja pilihan cerita dongeng yang dapat Bunda bacakan untuk Si Kecil sebelum tidur? Simak dongeng anak berikut ini seperti dilansir berbagai sumber:

Dongeng anak sebelum tidur penuh makna

1. Si Kancil dan Buaya

Suatu hari, ada seekor Kancil yang sedang berjalan-jalan di dalam hutan. Ia sangat lapar dan ingin mencari makanan. Tetapi karena jumlah makanan di dekat tempat tinggalnya sedang sedikit, ia memutuskan untuk mencari di tempat yang lebih jauh. 

Kancil lalu melihat sebuah sungai dengan banyak buaya yang tampaknya sedang kelaparan juga. Meski takut, tapi ia harus menyeberangi sungai tersebut demi mencari makanan. Ia pun menemukan sebuah cara untuk melewati buaya-buaya tersebut.

Ia memerintahkan kepada Si Buaya untuk memanggil kawanannya. Kancil berkata bahwa Raja Hutan akan memberi mereka makan.

Mendengar hal tersebut, para buaya pun kemudian sigap berbaris ke permukaan supaya bisa segera mendapatkan makanan. Setelah itu, Kancil langsung melompati tubuh mereka ke seberang sungai sambil pura-pura menghitung.

Ternyata itu merupakan akal-akalan Kancil agar ia dapat menyebrangi sungai dengan selamat dari para buaya.

Pesan moral untuk anak: Nah, cerita ini mengajarkan bahwa kecerdikan dapat mengalahkan kekuatan. 

kancil dan buayaSi Kancil dan Buaya/Foto: Mia Kurnia Sari

2. Dongeng anak: Cerita Bebek Buruk Rupa

Ada seekor induk bebek yang telur-telurnya baru saja menetas. Dari 10 anak bebek, ada satu yang wajahnya berbeda dari sang induk. Bentuknya juga lebih besar dan warnanya abu-abu.

Setiap hari, bebek abu-abu selalu diolok-olok oleh para saudaranya. Merasa sedih, bebek abu-abu kemudian meninggalkan peternakan. Tiba di sebuah sungai, ia bertemu dengan angsa putih yang cantik.

Bebek ini berusaha tidak menghiraukan angsa itu karena terlalu sedih diejek bebek lain. Saat berlari menyeberangi sungai, dia tanpa sengaja melihat bayangannya sendiri di air sungai.

Betapa terkejutnya bebek ini, ternyata wajahnya kini berubah menjadi angsa yang cantik. Ia baru menyadari kalau selama ini dirinya bukanlah bebek yang buruk rupa, melainkan seekor angsa yang cantik.

Pesan moral untuk anak: Dari cerita ini, anak dapat belajar bahwa penampilan bukanlah segalanya. Rasa percaya diri dan saling menghargai perbedaan sangat penting bagi kehidupan.

Baca dongeng sebelum tidur penuh makna lainnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video manfaat mendongeng untuk anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



DONGENG ANAK LAINNYA YANG TERDAPAT PESAN MORAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!