sign up SIGN UP search


parenting

Tahapan Memilih Sikat Gigi Sesuai Usia Bayi, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani Rabu, 28 Apr 2021 10:33 WIB
Mom brushes baby's teeth with a silicone brush that fits on her finger caption

Tahukah Bunda, menjaga kesehatan gigi dan mulut Si Kecil sudah seharusnya dimulai sejak sebelum gigi pertamanya tumbuh. Ya, meskipun anak belum memiliki gigi, sudah harus rajin dibersihkan mulutnya.

Lalu, bagaimana memilih bulu sikat gigi bayi yang tepat ya agar enggak menyakiti gusinya.? Nah, biar enggak bingung melansir dari Healthline, berikut panduan memilih sikat gigi yang tepat sesuai usia Si Kecil:

Sebelum Tumbuh Gigi

Untuk menjaga kesehatan area mulut kebiasaan membersihkan rongga mulut, sudah dilakukan sejak Si Kecil belum tumbuh gigi. Bunda bisa memakai sikat gigi bayi berbahan silikon yang bisa dipasangkan di jari Bunda. Selipkan sikat gigi pada jari Bunda lalu sikat area dalam mulut bayi dengan sikat berbahan silikon lembut ini.


Bahan silikon yang lembut ini akan membantu memijat gusi bayi, dan juga membersihkan area mulut dari berbagai bakteri, Bunda. Cara ini bisa menjadi dasar untuk mengajarkan Si Kecil mengenai pentingnya kebersihan mulut, sebelum nanti akhirnya dia menggunakan sikat gigi bayi saat dia sedikit lebih besar.

Saat Menjelang Tumbuh Gigi

Akan ada fase dimana Si Kecil mulai ingin memasukkan segala hal ke dalam mulutnya. Nah, di periode ini, Bunda bisa memberikan teether yang berbentuk seperti sikat gigi untuk membantunya mengenal bentuk sikat gigi bayi, Bunda. Selain membersihkan rongga mulut, teether dengan bentuk ini juga akan mengajarkan Si Kecil cara memegang sikat gigi yang benar.

Keunggulan lainnya, karena bentuknya yang lucu-lucu, teether ini bisa digunakan saat waktunya bermain, dan sekalian membantu menghilangkan rasa tidak nyaman saat Si Kecil sedang mulai tumbuh gigi.

Setelah Tumbuh Gigi

Nah ini yang paling ditunggu-tunggu, yaitu saat akhirnya ada gigi yang mulai muncul ke permukaan gusi Si Kecil ya, Bunda. Saat ini adalah saat yang paling tepat untuk mulai memperkenalkan sikat gigi bayi yang sebenarnya. Pilih sikat yang memiliki bulu halus dan mulai menggunakan pasta gigi khusus bayi.

Biasanya sikat gigi bayi memiliki bagian kepala sikat yang sangat kecil dan cukup untuk masuk ke sela-sela rongga mulut dan gusi Si Kecil. Sikat gigi bayi juga biasanya hadir dengan pilihan warna dan bentuk yang menarik, agar Si Kecil tertarik untuk memakai sikat gigi tersebut. Bahkan beberapa sikat gigi bayi memiliki bagian tangkai yang tebal agar mudah digenggam tangan balita yang mungil. 

Demikian tahapan yang bisa Bunda terapkan saat memilih sikat gigi bayi untuk Si Kecil ya, Bunda. Nah, untuk bisa mulai mengajarkan Si Kecil sikat gigi sendiri, simak triknya di halaman berikut ya, Bunda.

Simak trik merawat gigi bayi berusia 6 bulan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



EMPAT TRIK MENGAJARKAN ANAK MENYIKAT GIGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi