sign up SIGN UP search


parenting

7 Gejala Usus Buntu pada Anak, Segera Tangani Sebelum Pecah Bun

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 21 May 2021 12:45 WIB
Child sick caption

Jakarta - Kondisi usus buntu juga menyerang sebagian anak-anak. Bunda bisa mulai mengenai beberapa gejala usus buntu pada anak agar dapat mengantisipasinya lebih dini.

Usus buntu mungkin merupakan organ kecil ya, Bunda. Tetapi, ketika hal tersebut bermasalah tentu dapat menyebabkan masalah besar ketika terinfeksi, seperti dikutip dari laman Healthline.

Radang usus buntu sendiri merupakan peradangan pada sus buntu dan terjadi ketika usus buntu tersumbat karena beberapa alasan. Ini termasuk penyumbatan karena tinja yang mengeras, infeksi, atau pembengkakan pada kelenjar getah bening yang terletak di usus.


Menurut Society of American Gastrointestinal and Endoscopic Surgeons, sebanyak 70 ribu anak mengalami gejala usus buntu di Amerika setiap tahun. Kondisi tersebut memengaruhi lebih banyak anak laki-laki daripada perempuan.

Meskipun radang usus buntu adalah penyebab utama operasi perut pada anak-anak, hal ini bisa menjadi kondisi yang serius. Jika usus buntu pecah, bakteri pun akan keluar ke rongga perut. Inilah yang kemudian menyebabkan infeksi yang parah.

Mengenali gejala usus buntu pada anak sangatlah sulit karena anak tidak selalu dapat berbicara dengan kata-kata lengkap atau menggambarkan gejala yang mereka rasakan.

Tapi, beberapa gejala usus buntu yang sering muncul di antaranya:

1. Radang usus buntu biasanya dimulai dengan rasa sakit di sekitar pusar. 

2. Selain itu, gejala yang bisa dialami anak meliputi peningkatan detak jantung.

3. Sering buang air kecil dan nyeri saat buang air kecil.

4. Demam ringan.

5. Nafsu makan yang buruk.

6. Sakit perut terutama di perut kanan bawah.

7. Muntah, dan lainnya.

Menurut Cincinnati Children Hospital, sebagian besar anak dengan usus buntu berusia antara 8 dan 16 tahun. Namun, anak di bawah usia 5 tahun bisa terkena kondisi tersebut. 

Mereka seringkali dapat memiliki efek yang lebih serius karena mereka tidak dapat berbicara tentang gejalanya. Seorang anak mungkin merasakan nyeri yang nyata saat bergerak, batuk, bersin, atau menyentuh perut.

Informasi lebih lengkap klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga cerita Fanny Fabriana dan anak-anaknya yang sempat terkena Covid-19 di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

GEJALA USUS BUNTU PADA ANAK YANG WAJIB DIWASPADAI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi