sign up SIGN UP search


parenting

5 Amalan Hari Jumat yang Bisa Bunda Ajarkan pada Anak

Haikal Luthfi Rabu, 09 Jun 2021 14:30 WIB
A Muslim young man is putting both palms together (Muslim way of praying) at home in Malaysia. He is wearing 'baju Melayu', a traditional Muslim menswear. caption
Jakarta -

Tahukah Bunda bahwa Jumat merupakan hari yang dimuliakan oleh umat Islam diseluruh dunia? Hari yang lebih baik dari enam hari lainnya. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra. menyebutkan keistimewaan hari Jumat, Rasulullah bersabda:

"Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat" (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Mengutip buku berjudul Panduan Amalan Hari Jumat (2008) menyebutkan bahwa hari Jumat begitu dimuliakan karena pada hari tersebut berbagai peristiwa penting yang keseluruhannya mengarah pada makna asalnya yang berarti 'berkumpul'. Sebagaimana kata Al Jumuah atau Al Jumah merujuk pada makna terkumpul. Selain itu, terdapat alasan lain diantaranya:


1. Hari penciptaan seluruh makhluk

Pada hari inilah penciptaan seluruh makhluk, langit dan bumi, surga dan neraka menjadi sempurna. Dalam tafsir Ibnu Katsir menyebutkan "Dan pada hari itulah semua makhluk menjadi sempurna. Ia adalah hari keenam dari enam hari yang Allah menciptakan langit dan bumi di dalamnya."

2. Hari penciptaan nabi Adam

Pada hari tersebut nabi Adam as. diciptakan. Disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Salman ra., bahwa Rasulullah bersabda: "Dinamakan Jumat karena pada hari itulah dikumpulkan penciptaan Adam as." (HR. Al Khatib).

3. Hari dimana nabi Adam masuk surga dan keluar

Di hari itu juga nabi Adam as. masuk surga, kemudian dikeluarkan kembali dan ditempatkan di bumi. Diriwayatkan Ibnu Umar ra., Rasulullah bersabda:

Pada hari itu (Jumat) bapak kalian semua, Adam as. masuk surga, dan keluar dari sana (HR. Ath-Thabrani).

4. Hari berkumpulnya umat Islam di tempat peribadatan mereka

Hari Jumat merupakan hari berkumpulnya umat Islam di tempat-tempat ibadah mereka, yakni menunaikan ibadah sholat Jumat secara berjamaah.

Ibnu Katsir menerangkan bahwa dikatakan Jumat karena penduduk Islam ketika itu berkumpul, pada setiap minggunya satu kali di tempat-tempat ibadat yang besar.

5. Hari terjadinya kiamat

Berdasarkan hadist dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah bersabda: "Tidaklah hari kiamat itu terjadi kecuali pada hari Jumat (HR. Tirmidzi).

Amalan hari Jumat

Terdapat beberapa amalan hari Jumat yang bisa Bunda ajarkan pada anak yang dirangkum sebagai berikut:

1. Membersihkan Diri

mandi wajib ramadhanIlustrasi mandi wajib / Foto: Getty Images/iStockphoto

Disunahkan mandi wajib sekujur tubuh yang sebaiknya dilaksanakan sebelum menunaikan ibadah sholat Jumat, Bunda.

Dari Abdullah bin Umar ra. bahwa Rasulullah bersabda: "Jika salah seorang kalian mendatangi sholat Jumat hendaklah ia mandi" (HR. Bukhari).

2. Sholat Jumat

Sholat Jumat merupakan shalat dua rakaat pada hari Jum'at dan di kerjakan pada waktu dhuhur sesudah dua khotbah. Mengerjakan sholat Jumat, tidak diwajibkan mengerjakan shalat dhuhur lagi, Bunda.

Sholat Jumat hukumnya wajib bagi aki-laki. Disunahkan bergegas pergi ke masjid untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat.

"Sholat Jumat adalah kewajiban bagi setiap muslim dengan berjamaah, kecuali (tidak diwajibkan) atas empat orang yaitu, budak, wanita, anak kecil dan orang sakit" (HR. Abu Daud).

3. Perbanyak Shalawat

Shalawat adalah bagian dari memuliakan utusan Allah SWT, yakni Rasulullah SAW, Bunda. Dianjurkan untuk membaca shalawat zikir pada hari Jumat. Rasulullah bersabda:

"Maka perbanyaklah (shalawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya shalawat kalian akan ditampakkan kepadaku" (HR. Abu Daud).

4. Berdoa

Doa mengandung arti permohonan atau permintaan. Orang yang berdoa memiliki tujuan dan hasrat akan apa yang diinginkan dapat terwujud dan tercapai dengan cara meminta atau memohon, Bunda.

Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah ra., Rasulullah bersabda:

"Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan sholat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah SWT, niscaya permintaannya akan dikabulkan. Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu" (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Bersedekah

Bersedekah sangat dianjurkan karena termasuk keutamaan yang didapat pada hari Jumat, Bunda.

Sedekah yang diberikan bisa berupa apa saja. Baik itu uang ataupun makanan. Menurut Imam Syafii mengatakan bahwa barang siapa yang bersedekah pada hari Jumat, niscaya Allah SWT akan melipat gandakan pahalanya.

(haf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi