sign up SIGN UP search


parenting

3 Cara Atasi Biang Keringat pada Anak, Jangan Panik Dahulu Bun!

Meita Fajriana Rabu, 07 Jul 2021 16:57 WIB
Close up image of baby skin texture suffering severe urticaria, nettle rash. caption

Biang keringat pada anak bisa membuat para Bunda khawatir karena biasanya anak akan rewel karena merasa tidak nyaman. Wajar saja Bunda, namun jangan panik dahulu ya, lakukan perawatan yang tepat agar si Kecil bebas biang keringat. Apa saja yang perlu Bunda lakukan untuk mengatasi biang keringat pada anak? Simak terus penjelasannya ya. 

Melansir dari laman Healthline, biang keringat pada kulit dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Kondisi itu terjadi karena adanya keringat terperangkap di bawah kulit. Anak-anak cenderung lebih sering terkena biang keringat daripada orang dewasa karena kelenjar keringat mereka masih berkembang.

Biang keringat biasanya membuat anak tidak nyaman dan gatal. Dalam kebanyakan kasus, biang keringat bahkan menimbulkan ruam. Sebelum berencana untuk berkonsultasi pada dokter, Bunda bisa melakukan pilihan pengobatan dan langkah-langkah pencegahan di rumah untuk si Kecil yang sering terkena biang keringat.


Cara paling efektif untuk menghindari biang keringat adalah dengan menjauhi situasi yang menyebabkan keringat berlebih. Jika Bunda tahu anak akan berada di iklim yang panas atau lembap, kenakan pakaian katun yang longgar. 

Bunda juga harus menjaga si Kecil agar tidak memegang atau menggaruk kulit yang gatal. Ingatlah bahwa bakteri hidup di kulit. Rasa gatal yang berlebihan dapat menimbulkan luka terbuka yang akan menjadi infeksi saat anak terus menyentuh atau menggaruknya.

Saat Bunda akan membawa anak berolahraga di luar, pilih perlengkapan yang akan menghilangkan kelembapan dari kulit. Sering-seringlah mandi air dingin saat iklim panas dan lembap, itu bisa mencegah munculnya biang keringat.

"Biang keringat biasanya hilang dengan sendirinya. Jika ruam tampak semakin parah atau jika area tersebut tampak terinfeksi, Anda mungkin perlu menemui dokter," kata Debra Sullivan dokter kulit anak di New York dikutip dari laman Healthline, Jumat (18/6). 

Untuk mengetahui langkah-langkah mengatasi biang keringat pada anak klik halaman selanjutnya ya Bunda.

Simak juga video cara Indah Kalalo mengatasi kulit anak yang terbakar:

[Gambas:Video Haibunda]



LANGKAH MENGATASI ANAK YANG TERKENA BIANG KERINGAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi