sign up SIGN UP search


parenting

Alasan Anak Perlu Diberikan Vaksin COVID-19, Bunda Perlu Tahu

Meita Fajriana Sabtu, 03 Jul 2021 15:09 WIB
vaksin anak caption

Jakarta - Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga anak dari paparan COVID-19. Mulai dari menerapkan secara disiplin protokol kesehatan 5M hingga pemberian vaksin COVID-19 khusus anak. Saat ini pemerintah Indonesia sudah mengizinkan untuk pemberian vaksin pada anak usia 12-17 tahun Bunda. Sehingga Bunda dan bisa langsung mencari referensi agar dapat memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. 

Melansir dari laman BBC, vaksin pada anak sudah dimulai dan wajib diberikan pada awal-awal kelahirannya seperti vaksin campak, gondok, polio, difteri,  hingga rotavirus. Namun bagaimana dengan vaksin COVID-19, perlukan anak mendapatkan vaksin ini? 

Beberapa negara sedang melakukan uji coba. Amerika Serikat (AS) mengimunisasi anak-anak berusia antara 12 dan 15 tahun. AS mengharapkan memiliki data keamanan yang cukup sehingga bisa memberikan vaksin COVID-19 untuk usia lebih muda di tahun depan.


Tetapi di Inggris, keputusan untuk memvaksinasi semua anak berusia 12 hingga 17 tahun tidak direkomendasikan oleh para ahli Inggris dalam waktu dekat. Mereka masih bertanya-tanya, apakah tindakan memvaksinasi anak-anak menyelamatkan nyawa? Belum ada jawaban yang pasti, karena berbeda dari satu negara dengan lainnya.

Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Selain itu masih banyak anggapan yang berpikir bahwa dosis yang ditujukan untuk anak-anak  sebenarnya bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa jika diberikan kepada petugas kesehatan dan orang dewasa yang rentan di negara lain.

Salah satu alasan untuk tidak memvaksinasi anak-anak adalah mereka mendapatkan manfaat yang relatif kecil dari vaksin COVID-19 ini. 

"Untungnya salah satu dari sedikit hal baik tentang pandemi ini adalah anak-anak sangat jarang terkena dampak serius dari infeksi ini," kata Prof Adam Finn Komite Vaksinasi dan Imunisasi Inggris.

Lalu, apa aturan vaksin yang aman untuk anak. simak yuk, Bunda, di halaman selanjutnya!

Bunda, bisa juga lho menyimak pengalaman Fanny Fabriana dan keluarga yang pernah kena Covid-19 seperti diceritakan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PRO KONTRA VAKSIN COVID-19 UNTUK ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi