sign up SIGN UP search


parenting

Slovakia Izinkan Vaksinasi COVID-19 untuk Anak 5-11 Tahun, Tapi Ada Syaratnya

Annisa A Jumat, 10 Sep 2021 18:30 WIB
Anak sedang divaksin caption
Jakarta -

Pemerintah di seluruh dunia semakin gencar melakukan program vaksinasi COVID-19. Di negara maju, anak usia 5 tahun ke atas sudah bisa mengikuti vaksinasi. Salah satunya Slovakia, Bunda.

Mulai 10 September 2021, program vaksinasi COVID-19 sudah dapat dijalankan untuk anak usia sekolah di Slovakia. Pemerintah telah menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 untuk anak usia 5-11 tahun.

Menteri Kesehatan Vladimir Lengvarsky mengatakan bahwa vaksinasi merupakan program wajib untuk anak-anak. Ia menyerahkan aturan dosis vaksin kepada para ahli. Kegiatan vaksinasi juga diberikan atas persetujuan orang tua dan dokter anak.


Anak-anak di Slovakia akan mendapatkan sepertiga dari dosis biasa vaksin Comirnaty oleh Pfizer/BioNTech. Penggunaan dosis tersebut akan diberikan oleh dokter anak.

Banner Bule Perancis Nangis Biaya Karantina di JakartaBanner Bule Perancis Nangis Biaya Karantina di Jakarta/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Vladimir Lengvarsky mengatakan bahwa keputusan untuk memvaksinasi anak di bawah usia 12 tahun didasarkan pada tuntutan dari para ahli, dokter anak, dan dokter lain yang juga merawat anak.

"Ini akan membantu melindungi kelompok anak-anak yang sangat sensitif yang dapat memiliki beberapa masalah jika mereka bersentuhan dengan virus COVID-19 apabila mereka tidak divaksinasi," kata Vladimir Lengvarský, dikutip Spectator dari newswire SITA.

Vladimir Lengvarsky juga menyatakan bahwa vaksin tersebut direkomendasikan untuk diagnosis tertentu pada anak-anak, tetapi harus disetujui oleh dokter anak atau ahli lain.

Meski begitu, anak-anak yang sehat di bawah usia 12 tahun dengan orang tua dan kerabat yang sehat tidak akan divaksinasi untuk saat ini.

"Namun jika ada orang tua atau lansia dalam keluarga anak yang berisiko lebih tinggi terinfeksi COVID-19 tetapi tidak dapat divaksinasi, dokter anak dapat menyetujui imunisasi anak di bawah 12 tahun," kata dokter anak Elena Prokopová kepada harian Dennik N.

Sementara itu dalam pedoman baru kementerian, pemerintah Slovakia telah merinci penyakit apa saja yang dapat berdampak serius pada kasus COVID-19 yang terjadi pada anak-anak.

Sebelumnya, Israel juga telah mengeluarkan kebijakan serupa untuk anak usia 5 sampai 11 tahun. Mereka yang memiliki komorbid diizinkan untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 sejak 1 Agustus 2021.

Bagaimana dengan vaksinasi COVID-19 untuk anak di Indonesia? Simak di halaman selanjutnya, Bunda.

Saksikan juga video tentang varian baru Mu yang berbahaya.

[Gambas:Video Haibunda]

KAPAN DI INDONESIA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!