sign up SIGN UP search


parenting

Pekan Imunisasi Dunia, Kemenkes Targetkan Kejar Ketertinggalan Vaksin Anak

Asri Ediyati Jumat, 23 Apr 2021 19:02 WIB
Imunisasi Anak caption
Jakarta -

Pekan Imunisasi Dunia jatuh pada pekan terakhir di bulan April yaitu 24 April-30 April, Bunda. Pekan ini meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya vaksinasi atau imunisasi. Mengingat tahun ini, dunia masih dilanda pandemi, maka vaksinasi menjadi begitu penting, Bunda.

Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro, Sp.A(K) mengatakan bahwa dalam memperingati Pekan Imunisasi Dunia, saatnya kita mengintropeksi diri kita untuk punya komitmen mendapat dan memberikan imunisasi pada anak dalam waktu yang sulit.

"Kita berterimakasih pada Edward Jenner, Louis Pasteur, Jonas Salk, dan Albert Sabin. Edward Jenner menemukan vaksin varicella, Profesor Salk menemukan vaksin polio," kata Prof Sri dalam Konferensi Pers Virtual - Pekan Imunisasi Dunia "Pentingnya Vaksinasi di Era COVID-19" #LindungikuLindungimu via Zoom, Jumat (23/4/2021).


Menurut Sri, imunisasi adalah upaya efektif melindungi anak dari penyakit infeksi melalui pemberian vaksin. Imunisasi bukan hanya melindung diri sendiri, tapi juga melindungi lingkungan sekitar.

"Contohnya seperti serangan mikroorganisme yaitu serangan virus bakteri yang menyebabkan infeksi. Dari ini kita meniru bagaimana mereka menyerang tubuh, yang kemudian dikenal sebagai imunisasi," ujarnya.

Cara kerja vaksin bekerja spesifik. Ketika seseorang sudah punya antibodi maka sistem pertahanan tubuh akan melawan. Vaksinasi juga penting karena akan memutus rantai penularan.

Prof Sri yang juga menjabat sebagai Kepala Kelompok Penasihat Teknis Indonesia untuk Imunisasi (ITAGI) menjelaskan bahwa anak yang telah divaksin akan melindungi dirinya dan melindungi bayi lain yang tak bisa menerima. Itulah yang disebut herd immunity.

Simak juga video tentang persiapan tenaga kesehatan untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19:

[Gambas:Video Haibunda]



PENTINGNYA VAKSIN, 786 RIBU ANAK TAK IMUNISASI DASAR DI 2020
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi