sign up SIGN UP search


parenting

3 Mukjizat Nabi Ibrahim yang Bermanfaat untuk Diceritakan Kepada Anak

Tim HaiBunda Kamis, 01 Jul 2021 16:42 WIB
Ilustrasi Nabi Ibrahim caption
Jakarta -

Nabi Ibrahim termasuk ke dalam 25 Nabi yang kisahnya harus diketahui. Beliau memiliki beberapa mukjizat yang semakin menguatkan perannya dalam julukan 'Bapak Para Nabi'.

Nabi Ibrahim lahir di sebuah kota di Iraq yaitu kota Ur. Dari situ, banyak kisah hidupnya yang menarik untuk diceritakan kepada anak. Sebab, kisah hidup ini akan mengajarkan pada Si Kecil betapa kuasanya Allah SWT dalam memberikan mukjizat kepada hamba yang dikehendaki.

Mukjizat yang Dimiliki Nabi Ibrahim

Banner Reaksi Anak UASFoto: Mia Kurnia Sari

Kisah mukjizat Nabi Ibrahim penting diketahui untuk membuat anak memahami kisah perjuangannya menyebarkan dan mengajarkan Islam. Bunda dapat mengawali penjelasan tentang Nabi Ibrahim dengan tiga mukjizat yang diberkahi kepadanya.


1. Mukjizat Nabi Ibrahim tidak Hangus Dimakan Api

Mukjizat Nabi Ibrahim yang paling banyak diceritakan adalah tentang Beliau tidak hangus dimakan api. Hal ini terjadi dikarenakan Nabi Ibrahim tidak melakukan perlawanan kuat terhadap tindakan Raja Namrud.

Raja Namrud, yang merupakan raja kafir, memaksa kaumnya untuk menyembah berhala. Nabi Ibrahim kemudian menghancurkan semua berhala tersebut.

Dikarenakan hal ini, Raja Namrud dan seluruh pengikutnya merasa marah dan murka. Sehingga mereka mengejar dan menangkap Nabi Ibrahim.

Sebagai bentuk hukuman, Nabi Ibrahim kemudian dibakar hidup-hidup dalam api yang sangat besar. Di saat ini Nabi Ibrahim memohon pada Allah SWT untuk diberi pertolongan agar bisa selamat. Lalu Allah SWT membuat api tersebut menjadi dingin sehingga menyelamatkan Nabi Ibrahim.

2. Mukjizat Nabi Ibrahim yang Mampu Membuat Pasir Menjadi Makanan

Mukjizat Nabi Ibrahim yang kedua adalah mampu membuat pasir berubah menjadi makanan. Hal ini terjadi ketika seluruh anggota kaumnya merasa kesulitan dalam mendapatkan makanan.

Sedangkan saat itu syarat wajib untuk bisa mendapatkan makanan dari Raja Namrud adalah menyebut Raja Namrud sebagai Tuhan mereka. Anggota masyarakat yang sudah tidak kuat menahan lapar, akhirnya menyebut Raja Namrud sebagai Tuhan.

Nabi Ibrahim yang dilanda kesulitan makanan juga datang kepada Raja Namrud. Namun tujuannya bukan untuk mengagungkan sang Raja, melainkan untuk menjawab bahwa Tuhan-nya adalah Allah SWT.

Raja Namrud yang marah akhirnya tidak memberikan makanan sedikitpun. Sehingga Nabi Ibrahim pulang dengan tangan hampa.

Di perjalanan pulang, Nabi Ibrahim memasukkan pasir ke dalam kantong sampai penuh dan mengaku pada istri bahwa itu berisi makanan. Dan, benar saja, Bun! Keesokan harinya Nabi Ibrahim disiapkan makanan oleh sang istri yang diambil dari kantong kemarin.

3. Mukjizat Nabi Ibrahim yang Bisa Mengeluarkan Madu dari Jari

Mukjizat Nabi Ibrahim yang ketiga adalah bisa mengeluarkan madu dari jari. Hal ini terjadi ketika Nabi Ibrahim baru saja dilahirkan. Saat itu Raja Namrud mendapat informasi dari peramal bahwa akan ada anak laki-laki yang bisa membuatnya tewas.

Raja Namrud yang ketakutan akhirnya melakukan pencarian seluruh bayi laki-laki di negeri tersebut. Ibu Nabi Ibrahim yang mengetahui hal ini segera menyelamatkan diri ke gua dan melahirkan di sana.

Beliau kemudian keluar dari gua dan ketika kembali ia melihat Nabi Ibrahim sedang mengisap jarinya sendiri yang sudah mengeluarkan madu.

Itulah kisah tiga Mukjizat Nabi Ibrahim yang dapat Bunda ajarkan untuk Si Kecil. Simak juga video berikut mengenai nama bayi islami yang disukai oleh Allah SWT, salah satunya Ibrahim. (PK)

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi