sign up SIGN UP search


parenting

8 Obat Sakit Perut Alami untuk Anak, Bantu Redakan Nyeri Si Kecil

Kinan Kamis, 08 Jul 2021 10:35 WIB
Anak sakit perut caption

Salah satu keluhan yang umum dirasakan oleh anak-anak yakni sakit perut. Jika gejala ini sudah muncul, anak mungkin akan tampak lemas dan tak nyaman. Apa saja obat sakit perut anak yang alami?

Dilansir Parents, sakit perut memang terjadi pada anak, terutama mereka yang berusia 4-8 tahun. Penyebab utamanya yakni akibat pola makan tak teratur atau stres.

Ragam pilihan obat sakit perut anak

Nah, jangan khawatir, Bunda. Ada beberapa pilihanĀ obat sakit perut anak dari bahan alami yang bisa diberikan, di antaranya yakni:


1. Teh chamomile

Menurut penulis 'Spontaneous Healing', Andrew Weil, MD, teh chamomile merupakan salah satu obat sakit perut anak yang bisa dipilih. Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan ketidaknyamanan pada sistem pencernaan.

Ya, chamomile secara alami disebutkan oleh Weil mampu melemaskan otot saluran pencernaan bagian atas, mengurangi kontraksi berlebihan, serta membantu meredakan sakit perut anak.

2. Jahe

Jahe memiliki gingerol, yakni antioksidan kuat yang membantu mengurangi produksi radikal bebas dan potensi kerusakannya pada tubuh. Konsumsi jahe juga diketahui dapat mengurangi mual dan tak nyaman di perut.

Sifat anti-inflamasi pada jahe juga dapat membantu menetralkan asam lambung.

3. Peppermint

Selain segar, teh peppermint juga bisa menjadi salah satu alternatif obat sakit perut anak. Menurut peneliti University of Maryland Medical Center, peppermint memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran empedu, yang digunakan tubuh untuk pencernaan.

Jika anak menolak untuk minum teh, permen peppermint bisa menjadi pilihan lainnya. Meskipun efek yang diberikan tidak sekuat teh, namun secara bertahap ini juga dapat meredakan sakit perut anak.

Tapi ingat ya, Bunda. Awasi si Kecil jika diberikan permen, terutama anak berusia lebih kecil yang berisiko tersedak.

4. Kompres panas

"Menempatkan kompres panas, misalnya dengan botol berisi air panas, dapat membantu mengurangi rasa sakit perut," tutur Robyn Strosaker, MD, dari Rainbow Babies & Children's Hospital di Cleveland.

Menurut Strosaker, panas meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit, yang dapat mengurangi persepsi rasa sakit yang datang dari perut bagian dalam.

5. Yoghurt

Yoghurt secara efektif mampu menjadi obat sakit perut anak, terutama yang disertai diare.

Bakteri 'baik' hidup di usus untuk membantu kerja sistem pencernaan. Jika anak memiliki masalah pada usus atau diare, bakteri baik lama-kelamaan bisa kalah. Nah, bakteri baik dalam yoghurt pun mampu membantu agar sistem pencernaan kembali normal.

6. Jaga hidrasi tubuh

Saat anak punya keluhan sakit perut, pastikan hidrasi tubuhnya tetap terjaga. Selain dari air putih, Bunda bisa memberikan teh tanpa pemanis. Dikutip dari Parenting First Cry, ini akan menenangkan saraf yang sakit di perutnya dan membantu meredakan gejala.

Hindari memberikan anak produk susu atau makanan yang digoreng/berminyak sampai ia merasa lebih baik.

Sebagai camilan, Bunda bisa memberi si Kecil roti panggang atau oatmeal.

7. Madu

Madu merupakan sumber karbohidrat, gula, dan antioksidan, sekaligus obat sakit perut anak yang efektif. Namun demikian, ingatlah untuk tidak memberikan madu pada anak di bawah usia satu tahun.

8. Berikan pijatan lembut

Saraf dan otot yang sakit di daerah perut dapat dihilangkan dengan meningkatkan sirkulasi darah di sekitarnya. Nah, salah satu cara mendapatkannya yaitu dengan memberikan pijatan lembut.

Gunakan telapak tangan dan jari, pijat lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam di sekitar area pusar anak. Memijat lembut dari arah dagu ke bawah ke bagian bawah perut juga bisa meredakan nyerinya.

Cara mencegah sakit perut pada anak

Jika anak terus-menerus mengeluh sakit perut, Bunda tidak boleh mengabaikannya. Sebab bisa jadi ada pemicu yang mendasari, seperti pola makan atau penyebab lain.

Berikut beberapa tips yang dapat Bunda terapkan untuk mencegah sakit perut pada anak:

  • Jika anak sakit perut karena sembelit, sertakan makanan berserat dalam menu makanannya
  • Jangan memberi makan anak secara berlebihan, alih-alih memberinya tiga kali makan besar, biarkan anak makan porsi sedikit tapi sering
  • Dorong kebiasaan mencuci tangan sebelum makan dengan benar sejak usia dini, guna mencegah anak tertular infeksi bakteri
  • Jangan membuatnya makan sebelum tidur karena berisiko dapat menyebabkan gangguan pencernaan

Sakit perut adalah salah satu keluhan umum pada anak-anak. Jika anak mengeluh sakit perut, buat ia berbaring di tempat tidur dalam posisi yang nyaman. Agar anak merasa nyaman dan perhatiannya teralihkan, Bunda juga membacakan cerita untuk si Kecil.

Apabila berbagai pilihan obat sakit perut anak alami ini tidak berhasil dan gejala terus terjadi, segera konsultasi ke dokter, ya.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi