sign up SIGN UP search


parenting

6 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Melly Febrida Minggu, 04 Apr 2021 17:47 WIB
Pediatrician touch tummy of kid in clinic couch. Little boy at medical checkup. caption

Semua orang bisa mengalami perut kembung, dari bayi hingga dewasa. Tapi, bagi bayi dan anak kecil akan lebih sulit jika mengalami perut kembung karena belum bisa menjelaskan atau memahami alasan mereka merasa tidak enak. Beberapa langkah bisa Bunda lakukan untuk mengatasi perut kembung si Kecil.

Bayi baru lahir memang sangat rentan dengan gas karena sistem pencernaan mereka yang belum matang. Anak-anak yang lebih besar saja juga bisa kesulitan buang angin alias kentut jika makan sesuatu.

"Penting untuk diketahui bahwa sebagian gas itu normal, tetapi gas yang berlebihan, menyakitkan, atau sangat berbau," kata penulos Kate Tietje dan dokter anak Bob Zajac, MD dalam buku Natural Remedies for Kids.

Perut kembung itu banyak sebabnya, Bunda. Menurut Zajac, perut kembung bisa karena alergi atau sensitivitas makanan, makan makanan tinggi asam fitat seperti kacang-kacangan, terkadang biji-bijian)  atau karbonasi.

Infeksi baik itu dari bakteri atau virus juga bisa menyebabkan kembung. Begitu juga dengan sindrom pertumbuhan bakteri baru berlebih atau berkepanjangan, atau bakteri usus. Bahkan, fek samping obat atau suplemen hingga tangisan berlebihan atau menelan udara, juga bisa membuat perut kembung.

Zajac bilang, gas dapat menyebabkan sakit perut yang hebat dan kembung.  Apabila seorang anak sering menangis dan tampak sangat tidak nyaman, mungkin ada baiknya untuk menghubungi dokter hanya untuk mengesampingkan hal-hal yang lebih serius. 

"Dalam kasus yang jarang terjadi, gas yang berlebihan, seringnya menjadi tanda bahwa usus tidak berfungsi dengan baik, tetapi hal seperti ini akan disertai dengan gejala lain.  Gas biasanya mulai dalam 20 hingga 30 menit setelah makan dan dapat berlanjut selama satu jam atau beberapa jam. Biasanya tidak lebih dari 12 jam, kecuali orang tersebut terus makan makanan yang mengganggu.  

Untuk mengatasi perut kembung si Kecil, kata Zajac, Bunda harus memastikan untuk membuat bayi bersendawa secara menyeluruh setelah memberinya ASI atau susu, dan juga di tengah menyusui, jika bayi tampak tidak nyaman atau bermasalah dengan meludah.  

"Untuk gas kronis, cari perubahan pola makan atau temui dokter untuk mengidentifikasi penyebab lain yang lebih jarang," ujar Zajac.  

Banner Rumput Fatimah


Selain cara di atas, Zajac menyarankan melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi perut kembung:

1. Ganti pola makam

Cari tahu apa yang dimakan anak yang mungkin menyebabkan kembung. Jika anak masih sering kembung, buat catatan harian makanan selama beberapa minggu sampai Bunda dapat menemukan penyebabnya dengan tepat.  

Jika bayi diberi susu formula, bicarakan dengan dokter tentang beralih ke jenis susu formula yang berbeda. Jika bayi disusui, pertimbangkan untuk menghilangkan beberapa penyebab umum dari makanan yang Bunda konsumsi, misalnya gluten, kedelai, bawang merah, bawang putih, tomat, kafein, atau produk susu.

2. Pijat perut

Minta anak berbaring telentang. Taruh sedikit minyak food grade misalnya minyak zaitun di tangan Bunda. Pijat lembut perut bagian bawah beberapa kali lalu gerakkan tangan di bagian tengah dan bawah bagian kiri. Maksud cara ini adalah menelusuri usus besar dan membuat gas lebih mudah dikeluarkan.  
"Anda bisa melakukan ini beberapa kali, tetapi hentikan jika tidak nyaman. Pastikan untuk selalu naik ke kanan, ke kiri, dan ke bawah, bukan ke arah lain," kata Zajac.  

3. Kaki gerakan kayuh sepeda

Cara ini sudah dikenal di kalangan para Bunda untuk atasi perut kembung, posisikan anak berbaring telentang, pegang kedua kakinya dan gerakkan dengan gerakan seolah-olah anak sedang mengayuh sepeda. Lakukan gerakan ini secara bergantian dengan menekan perlahan kedua kaki menempel ke perut anak. "Ini juga sering membantu mengeluarkan gas," kata Zajac.  


Bunda, simak video ini untuk tips atasi perut kembung dengan 'ramuan' alami.

[Gambas:Video Haibunda]



ATASI PERUT KEMBUNG DENGAN TEH HERBAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi