sign up SIGN UP search


parenting

Quraish Shihab Sebut Ain Ternyata Bukan Penyakit, Simak Cara Menangkalnya Bun

Annisa A Kamis, 22 Jul 2021 19:00 WIB
AIN KARENA DIRI SENDIRI
Arab woman with veil against orange yellow sky caption

Ain tidak hanya muncul karena pikiran iri dengki dan rasa kekaguman dari orang lain. Diri sendiri juga dapat menjadi penyebab munculnya ain yang akan menyerang kita sendiri.

"Kita sendiri bisa memberikan ain pada diri kita, seperti ketika sedang berdandan dan bercermin. Oleh karena itu, sertai dengan pujian 'MasyaAllah saya terlihat indah dan cantik' supaya kita merasakan kehadiran Allah," ujar Quraish.

Bersyukur adalah salah satu bentuk penangkal ain. Selain itu, Bunda sebaiknya tidak terlalu berlebihan dalam menunjukkan kelebihan yang dimiliki.

Hal itu dimaksudkan untuk tidak mengundang perhatian orang dan memicu timbulnya pikiran buruk serta pujian yang tak disertai rasa syukur. Meski begitu, dijelaskan di dalam surah Al-A'raf ayat 32, bukan berarti seseorang tidak boleh menunjukkan keindahan mereka.

"Tidak ada yang mengharamkan orang untuk menampakkan perhiasan yang diberikan dari Allah kepadanya. Tetapi jangan angkuh dan tunjukkan di tempat sesuai. Jangan kamu pakai berlian ke tempat orang miskin. Jangan semua dipamerkan, dan jangan lupa dibarengi dengan rasa syukur," ujarnya.


(anm)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!