sign up SIGN UP search


kehamilan

Postingan Kehamilan Bisa Sebabkan Penyakit Ain? Ini Penjelasan Ustazah

Muhayati Faridatun Jumat, 21 May 2021 16:40 WIB
Pregnant muslim woman with her muslim female doctor in clinic, Gynaecology consultation caption
Jakarta -

Pada 18 Mei lalu, Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar menyampaikan kabar duka lewat media sosial Instagram. Di akun pribadi masing-masing, mereka mengabarkan Aurel mengalami keguguran. Netizen lantas menyinggung soal penyakit ain.

"Pembelajaran banget gak sih untuk kita semua,, Hati hati banget sama yang namanya ain," tulis akun @cuc***** di komentar unggahan Instagram @attahalilintar.

Ada juga yang menulis, "Kabar gembira jangan cepat cepat diumumin takut kena ain ketika orang mendengarnya."


Sementara akun @sam***** berkomentar panjang, "Bang kata org jaman dlu nih , klo hamil muda gtu jangan terlalu diumbar ke publik , cukup ke keluarga dkt saja , setelah 4 bln atau 7 bln baru boleh di kasih tau ke org2 lain ... mitos yaa bang tp mgkn ada benernya , ada penyakit ain yaitu penyakit yg datang dr rasa iri dengki orang lain .. semoga kita semua dihindarkan dr hal2 semacam itu , buat bang atta dan keluarga , tetap sabar yaa insyaAllah diganti dengan kebahagiaan yg lebih baik ..."

Nah, sebenarnya apa sih penyakit ain? Dijelaskan Ustazah Lailatis Syarifah, Lc., MA., ain merupakan istilah dalam ilmu rukiah syar'iyyah. Secara bahasa, rukiah syar'iyyah berarti perlindungan berdasarkan prinsip syariah, Bunda.

"Secara istilah, (rukiah syar'iyyah) bermakna pengobatan dengan membaca ayat-ayat Al Quran dan doa yang dianjurkan dalam hadis, yang dibaca sesuai syariat dan tidak ada unsur syirik di dalamnya," kata Ustazah Lailatis kepada HaiBunda, baru-baru ini.

Ia lalu menerangkan arti dari penyakit ain, "Secara bahasa, kata 'ain berasal dari Bahasa Arab yang artinya mata. Dalam istilah ruqyah syar'iyyah, 'ain adalah penyakit yang menimpa seseorang melalui pandangan mata orang yang memiliki kedengkian (hasad)."

Banner Penyakit Ain

Penyakit ain karena hasad

Dikatakan Ustazah Lailatis, hasad artinya suatu sifat atau kondisi jiwa yang menginginkan hilangnya nikmat yang ada pada orang lain. Bunda perlu tahu juga, sifat hasad muncul karena ketidakmampuan untuk meraih nikmat yang dimiliki orang lain.

Hasad ini terkadang datang dari 'pandangan mata' orang yang dengki kepada orang lain, yang menjadi obyek kedengkiannya. Sehingga, hal itu menimbulkan pengaruh negatif terhadap orang lain yang menjadi obyek tersebut.

"Ain tidak hanya berasal dari manusia, namun bisa juga berasal dari pandangan jin serta hewan. Beberapa riwayat Rasul menunjukkan bahwa 'ain itu nyata adanya, dan penyebabnya bukan hanya rasa dengki, bahkan terjadi akibat pandangan seseorang yang mengagumi orang lain, Kemudian dia memujinya tanpa menyebut nama Allah," tutur Ustazah Lailatis.

Sebagaimana diriwayatkan dari Abdullah bin Amir, Rasulullah bersabda:

"Apabila seseorang di antara kamu melihat sesuatu yang mengagumkan pada diri saudaranya, pada dirinya sendiri atau pada hartanya, maka hendaklah dia mendoakan keberkahan padanya. Karena sesungguhnya 'ain itu benar-benar ada." (HR. Ahmad)

Lalu, apakah postingan tentang kehamilan seseorang bisa menyebabkan penyakit ain? Bunda baca penjelasan Ustazah Lailatis di halaman berikutnya ya.

Simak juga pengalaman Chua 'Kotak' dua kali keguguran hingga depresi, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

BISAKAH POSTINGAN KEHAMILAN SEBABKAN PENYAKIT AIN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!