sign up SIGN UP search


parenting

Sudah Dimulai, Ini Jadwal dan Sebaran Sekolah Tatap Muka Bun

Mutiara Putri Kamis, 22 Jul 2021 16:15 WIB
School students  using hand sanitizer after entering a classroom. caption
Jakarta -

Tahun ajaran baru sudah dimulai sejak 12 Juli 2021, Bunda. Beberapa wilayah yang tak menerapkan PPKM darurat bahkan sudah mulai melaksanakan sekolah tatap muka, lho.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek, Jumeri. Ia mengatakan bahwa wilayah yang tak melakukan PPKM darurat mendapatkan opsi untuk melakukan pembelajaran tatap muka dengan persyaratan yang perlu dipenuhi.

"Satuan pendidikan pada wilayah selain provinsi dalam PPKM Darurat dapat memberikan opsi pembelajaran tatap muka setelah memenuhi daftar periksa yang dipersyaratkan," katanya.


Mulainya sekolah tatap muka dilakukan secara terbatas dan berbarengan dengan permulaan tahun ajaran, Bunda. Hal ini sesuai dengan keputusan Menteri yang mewajibkan pelaksanaan sekolah tatap muka paling lambat pada tahun ajaran baru.

Banner Mantan Driver Ojol Beli Rumah Rp1,6 MBanner Mantan Driver Ojol Beli Rumah Rp1,6 M/ Foto: Mia Kurnia Sari

"Penyediaan layanan pembelajaran sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA dilaksanakan paling lambat tahun ajaran dan tahun akademik 2021/2022," bunyi Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

Tak hanya itu, Bunda. SKB juga menerangkan syarat yang harus dipenuhi oleh pendidik atau tenaga pendidik. Guru atau tenaga pendidik wajib melakukan vaksinasi sebelum menyediakan sekolah tatap muka terbatas dan pembelajaran jarak jauh.

"Dalam hal pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan telah divaksinasi COVID-19 secara lengkap, maka pemerintah pusat, pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi, kantor Kementerian Agama kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya mewajibkan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi di wilayahnya menyediakan pembelajaran tatap muka terbatas dan pembelajaran jarak jauh."

Lantas wilayah mana saja yang sudah melakukan sekolah tatap muka ya, Bunda? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi