sign up SIGN UP search


parenting

9 Komorbid COVID-19 Anak di Indonesia, Malignancy Penyebab Kematian Tertinggi

Annisa Karnesyia Minggu, 25 Jul 2021 08:10 WIB
IDAI MENGANJURKAN ORANG TUA MELINDUNGI ANAK-ANAKNYA
Anak sakit caption

Dalam unggahan lain di Instagram miliknya, Aman Pulungan menjelaskan bahwa anak-anak menjadi rentan terpapar COVID-19 karena adanya penyakit penyerta. Salah satunya adalah kekurangan gizi.

"Banyak anak memiliki penyakit penyerta di Indonesia. Tapi sebelum pandemi, mereka tidak ditangani, padahal mereka bisa diobati. Tetapi banyak juga orang tua yang tidak menyadari bahwa anak mereka memiliki penyakit penyerta yang hanya bisa memperburuk keadaan," ujar Aman Pulungan.

Aman Pulungan juga mengatakan bahwa semua rumah sakit di Indonesia sudah terisi penuh dan banyak ditempati pasien dewasa. Jadi, ketika anak-anak sakit, mereka kesulitan mendapatkan rumah sakit.


"Itu sebabnya, saya terus mengatakan bahwa 10 persen tempat tidur itu harus disediakan untuk anak-anak," katanya.

Aman Pulungan sangat menganjurkan para orang tua melindungi anak-anaknya yang masih di bawah 12 tahun karena belum bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19. Ia meminta para orang tua untuk menerapkan protokol kesehatan pada anak-anaknya, seperti memakai masker sejak usia dua tahun dan tidak membawa anak keluar rumah.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!