sign up SIGN UP search


parenting

3 Gejala Anak Terinfeksi COVID-19 yang Perlu Bunda Waspadai & Penanganannya

Meita Fajriana Jumat, 09 Jul 2021 12:30 WIB
Anak terkena Covid-19 caption

Jakarta - Angka kasus positif COVID-19 di Indonesia kian bertambah. Bahkan kini, kasus Covid-19 pada anak-anak pun semakin tinggi. Hal ini tentu membuat para Bunda khawatir. Pasalnya anak akan gelisah atau rewel saat sakit, namun beberapa di antaranya belum bisa mengkomunikasikannya dengan baik. 

Untuk itu Bunda perlu mencari tahu banyak hal tentang COVID-19 pada anak, sehingga bisa ditanggulangi dengan baik. Lantas apa saja gejala COVID-19 yang biasanya dirasakan anak dan patut Bunda tahu?

Melansir dari laman NHS, anak-anak bisa terkena COVID-19 namun tidak sebanyak pada orang dewasa dan biasanya memiliki gejala ringan yang tidak terlalu serius. Meskipun begitu, Bunda tetap harus memperhatikan Si Kecil agar bisa pulih dengan cepat. Salah satu langkah penting yaitu mengenali gejalanya lebih dini. Apa saja gejala yang biasanya terlihat pada anak yang positif COVID-19? 


Banner panduan merawat anak terpapar covid-19Banner panduan merawat anak terpapar covid-19/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Gejala COVID-19 pada anak:

  1. Suhu badan tinggi atau demam.
  2. Batuk yang terus menerus, ini berarti sering batuk selama lebih dari satu jam, atau 3 hingga lebih episode batuk dalam 24 jam.
  3. Kehilangan atau perubahan indra penciuman atau rasa. Bunda bisa menanyakan pada anak yang lebih besar apakah mereka tidak dapat mencium atau merasakan apa pun, hal-hal berbau atau terasa berbeda dari biasanya. 

Jika ketiga gejala ini sudah dirasakan anak, Bunda perlu waspada untuk melakukan isolasi mandiri untuk mereka. Selain untuk membuat anak segera pulih, juga bermanfaat melindungi anggota keluarga lainnya dari tertular COVID-19. Penting untuk Bunda ketahui, COVID-19 pada anak tetap bisa menimbulkan gejala sakit dan risiko menularkannya. 

Jika begitu, apa yang harus Bunda lakukan saat anak sudah menunjukkan gejala positif COVID-19? Tetap tenang dan lakukan perawatan sebagai berikut dengan baik ya Bunda. 

1. Lakukan tes PCR yaitu tes yang dikirim ke laboratorium untuk memeriksa apakah anak terkena COVID-19. Lakukan tes PCR ini sesegera mungkin setelah Bunda melihat gejala pada anak. 

2. Bunda, anak Bunda, dan siapa pun yang tinggal bersama Bunda harus tetap tinggal di rumah dan tidak ada pengunjung atau tamu sampai Bunda mendapatkan hasil tes. Bunda hanya bisa meninggalkan rumah untuk menjalani tes. 

Langkah selanjutnya lihat di halaman berikut!

Simak juga panduan isoman untuk anak yang terpapar Covid-19 dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



VAKSIN ANAK DAPAT MENCEGAH TERINFEKSI COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi