sign up SIGN UP search


parenting

6 Manfaat Cerita Dongeng: Perkuat Ikatan Batin Hingga Pertinggi IQ Anak

Tim HaiBunda Senin, 06 Sep 2021 11:48 WIB
ilustrasi ibu mendongeng caption
Jakarta -

Membacakan cerita dongeng dapat menjadi aktivitas menyenangkan baik untuk anak maupun untuk orang tua, Bun. Selain dapat menjadi hiburan, ada cukup banyak manfaat dongeng bagi anak yang baik sekali untuk perkembangan moril dan psikisnya.

Tak perlu untuk Bunda menunggu sampai anak berusia balita untuk sampaikan dongeng. Karena manfaat dongeng untuk perkembangan anak sudah bisa Bunda berikan sejak dini atau bahkan ketika anak masih ada di kandungan.

Walaupun anak belum paham tentang kata-kata Bunda, dongeng justru dapat memperbanyak jumlah kata yang didengarnya setiap hari. Ini adalah langkah awal yang baik sekali untuk merangsang kemampuan mendengar serta berbicara anak.


banner bule austria nikahi tukang sapuFoto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Berbagai Macam Manfaat Dongeng Bagi Anak

Inilah beberapa manfaat dari dongeng untuk si kecil yang Bunda perlu ketahui:

1. Mempererat ikatan batin

Menceritakan dongeng dapat menjadi momen kebersamaan atau quality time dengan Si Kecil. Bunda bisa untuk menceritakan dongeng sembari memeluk Si Kecil ataupun membuat suara-suara yang lucu. Sehingga membuatnya merasa nyaman dan tertawa. Kebersamaan ini dapat membuat hubungan antara orang tua dan anak menjadi semakin erat.

2. Melatih perkembangan kognitif anak

Mendengarkan cerita dongeng pun mempunyai manfaat di dalam menstimulasi otak anak untuk berimajinasi dan berpikir. Hal ini pastinya baik sekali dalam melatih perkembangan kognitif dan kecerdasan anak saat masa pertumbuhan.

3. Tingkatkan kemampuan verbal anak

Sering membacakan dongeng pada Si Kecil dapat meningkatkan kemampuan interaksi verbal anak. Kemampuan interaksi verbal Si Kecil lebih bagus baik lewat ucapan, tulisan, dan bacaan. Bahkan, anak yang kerap dibacakan dongeng pun bisa mempunyai nilai IQ tinggi.

4. Kosakata yang lebih luas

Sebuah studi menyebutkan jika membaca buku dongeng dengan anak bisa untuk membantu Si Kecil mengetahui lebih banyak kosakata. Dengan begitu, anak menjadi lebih pandai, mahir, dan lancar di dalam menyampaikan perasaan dan keinginannya.

5. Meningkatkan kemampuan matematika anak

Sebuah penelitian yang lain menunjukkan jika anak-anak yang kerap dibacakan dongeng ataupun yang sering membaca bersama, mempunyai kemampuan matematika lebih baik daripada rata-rata anak seusianya.

6. Banyak mengambil pelajaran hidup

Tiap cerita mempunyai pelajaran hidup yang dapat diambil. Pelajaran hidup ini penting sekali untuk anak miliki sebagai bekal di dalam kehidupan masa yang akan datang. Selain itu, dongeng pun bisa menjadi media yang terbaik untuk Bunda dalam memberikan nasihat pada Si kecil.

Nah, itulah beberapa manfaat dari cerita dongeng untuk anak. Jadi, mulailah Bunda dari sekarang untuk secara rutin membacakan dongeng pada Si Kecil agar lebih maksimal manfaatnya. Jangan lupa, Bun sampaikan dongeng ini secara baik ya. Dengan begitu, pesan yang disampaikan dongeng bisa tersampaikan dengan efektif. (PK)

Simak juga video berikut mengenai cara sosialisasi pandemi COVID-19 dengan dongeng.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!