sign up SIGN UP search


parenting

Heboh Childfree di Kalangan Public Figure Muda, Ini Kata Psikolog

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 26 Aug 2021 14:22 WIB
Gita Savitri caption
Jakarta -

YouTuber Gita Savitri Devi belum lama ini jadi sorotan. Gita bersama suaminya, Paul Andre Partohap, memutuskan untuk tidak akan memiliki anak alias childfree, Bunda.

Keputusan ini tak diambil dengan cepat oleh keduanya. Gita mengatakan bahwa dia dan sang suami membutuhkan proses yang panjang sebelum membuat keputusan tersebut.

"Memutuskan tak memiliki keturunan itu bukan tiba-tiba maunya aku atau suka-suka kami, langsung plek gitu selesai. Ini juga ada proses yang panjang," kata Gita, dikutip dari akun YouTube miliknya.


Alasan Gita memutuskan childfree adalah karena merasa tanggung jawab sebagai orang tua itu sangat besar. Ia mengaku khawatir, apabila menjadi orang tua tak bertanggung jawab, hal itu malah meninggalkan luka di hati anak.

Sri Mulyani dengan CucuFoto: Mia Kurnia Sari

"Buat aku, punya anak itu such a big deal. Bagaimana kalau misalnya kami sebagai orang tua tak memiliki responsible, tahunya malah memberikan luka pada anak," ujar Gita.

"Dan sebagai manusia, kita berhak memilih. Alhamdulillah aku punya hak memilih untuk enggak punya (anak) walaupun ada perempuan di luar sana yang dia ingin punya tapi enggak bisa," sambungnya.

Selain Gita, artis cantik Cinta Laura juga memutuskan untuk tak memiliki anak. Wanita 28 tahun itu menilai bahwa populasi manusia di dunia sudah terlalu banyak. Cinta lebih memilih untuk mengadopsi anak terlantar yang tidak mendapatkan kasih sayang.

"Kenapa aku harus melahirkan satu manusia lagi kalau aku bisa mengadopsi anak yang sekarang enggak punya siapa pun yang menjaga mereka? Enggak punya siapa pun menyayangi mereka. Banyak anak-anak di luar sana yang terlantar. Aku mau membantu mereka," ujar Cinta Laura, dilansir YouTube The Hermansyah A6.

Keputusan untuk tak memiliki anak atau childfree ini pun menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat. Sebagian menilai alasan untuk childfree bertentangan dengan norma-norma yang ada di Indonesia. Lalu bagaimana pandangan childfree menurut psikolog ya, Bunda?

Simak juga 5 fakta tentang Cinta Laura yang sudah dididik mandiri sejak kecil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Baca halaman berikutnya.

BERBAGAI ALASAN PASANGAN PUTUSKAN CHILDFREE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!