sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Turunnya Taurat sebagai Wahyu Pertama Nabi Musa, Bisa Diceritakan untuk Si Kecil Bun

Nanie Wardhani Senin, 06 Sep 2021 19:30 WIB
A pre-teen girl wearing a hijab sits on a couch with her little sister on her lap and reads her a bedtime story. Her sister is engaged in the story. caption

Jakarta - Bunda, Allah SWT telah menurunkan empat kitab berbeda yang wajib kita imani sebagai umat Islam. Bunda pun bisa mengajarkan kisah-kisah nabi dalam kitab tersebut sebagai ilmu agama untuk bekal keimanan Si Kecil kelak. 

Melalui para rasul yang telah diutus-Nya, kitab-kitab tersebut diturunkan pada masa-masa yang berbeda-beda. Lalu, kitab suci apa kah yang merupakan bagian dari kisah Nabi Musa menerima wahyu dari Allah SWT?

Turunnya kitab kepada para rasul termaktub dalam QS Al Baqarah ayat 4 sebagai berikut:


وَٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْكَ وَمَآ أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ وَبِٱلْءَاخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ

Artinya: "Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelum mu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat." (QS. Al Baqarah:4).

Kitab-kitab yang dimaksud dalam ayat tersebut di antaranya adalah kitab Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Qur'an. 

Dikutip dari detikcom, Taurat telah diwahyukan kepada Nabi Musa pada abad ke-12 SM (sebelum Masehi). Berikut adalah kisah turunnya kitab Taurat yang merupakan kisah Nabi Musa menerima wahyu dari Allah SWT, dilansir dari buku Belajar Aqidah Akhlak karya Muhammad Asroruddin Al Jumhuri.

Banner resep Rp200 ribuBanner resep Rp200 ribu/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Dikisahkan, saat itu Nabi Musa mendapatkan wahyu dari Allah dengan izin dan pertolongan dari Allah saat berhasil selamat dari kejaran Raja Fir'aun.

Nabi Musa berusaha melarikan diri ke negeri Madyan. Di negeri itu, Nabi Musa bertemu dengan Nabi Syu'aib yang kemudian menjadi mertuanya. Setelah cukup lama bermukim di Madyan, Nabi Musa meminta izin kepada Nabi Syuaib untuk kembali ke Mesir mengunjungi orang tuanya.

Saat masih berada di tengah perjalanan di atas bukit yang bernama bukit Tuwa (bukit Thursina), Nabi Musa melihat api. Beliau pun mendatangi api tersebut dan melihat sebuah sinar yang sangat terang. Saat itulah beliau menyadari adanya pertanda dari Allah SWT.

Lalu bagaimana kelanjutan kisah Nabi Musa menerima wahyu dari Allah SWT? Bagaimana pertanda bahwa Nabi Musa menerima wahyu pertamanya tersebut?  Simak lanjutan lengkapnya di halaman berikut ini ya, Bunda.

Simak video tentang WNI yang bacakan kisah nabi dan rasul saat ngabuburit di AS:

[Gambas:Video Haibunda]



PERTANDA NABI MUSA MENERIMA WAHYU PERTAMA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!