sign up SIGN UP search


parenting

IDAI Sebut Anak dengan Diabetes Tipe 1 Bisa Divaksin COVID-19, Asalkan...

Annisa Afani Kamis, 02 Sep 2021 13:40 WIB
Vaccine, Vaccination Hepatitis B virus for child baby. Doctors vaccinate the thighs of children caption
Jakarta -

Orang mungkin mengira bahwa diabetes tipe 1 (DMT1) hanya dialami orang dewasa saja. Padahal diabetes tipe 1 juga bisa diidap oleh anak-anak, Bunda.

"Banyak orang yang mengira anak-anak tidak bisa kena diabetes. Anak-anak juga bisa," kata Prof. Dr dr Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K), FAAP, FRCPI(Hon) di konferensi pers bersama Novo Nordisk dalam program Changing Diabetes in Children, Senin (30/8/2021).

Nah terkait diabetes, saat ini Bunda dengan anak pengidap diabetes tipe 1 barangkali khawatir sang buah hati tidak bisa divaksin COVID-19. Padahal anak dengan diabetes tipe 1 bisa mendapatkan vaksin COVID-19. Namun, kata Aman, ada syarat yang perlu diperhatikan nih, Bunda.


Lebih lanjut, Aman mengatakan bahwa salah satu syarat tersebut yakni kadar gula darah anak yang alami diabetes terkontrol dengan baik. Selain itu, pasien anak DMT1 juga dapat konsultasi ke dokter agar memastikan tubuhnya siap divaksinasi.

"Tidak masalah. Tidak ada kontraindikasi untuk mereka (anak-anak dengan diabetes tipe 1 terkontrol). Itu ada di surat rekomendasi IDAI," ungkapnya.

"Jadi, jangan ragu untuk pergi ke pusat vaksinasi dan dapatkan suntikan (vaksin)," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Aman juga meminta para orang tua memperhatikan anak dengan risiko diabetes. Misalnya dengan mewaspadai beberapa gejala yang mungkin dapat ditunjukkan oleh anak.

"Gejala yang harus diwaspadai orang tua adalah ketika anak mengalami gejala berupa sering haus dan sering buang air kecil, banyak makan tapi berat badannya justru turun," tutur Prof. Aman.

Selain itu, Aman juga menyebutkan beberapa hal yang menjadi perhatian serta perawatan pada anak dengan diabetes tipe 1. Beberapa di antaranya yaitu.

  1. Insulin
  2. Pemantauan
  3. Pemahaman
  4. Diet
  5. Olah raga

Simak informasi selengkapnya di halaman berikut ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



INDONESIA GABUNG PROGRAM CHANGING DIABETES IN CHILDREN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!