sign up SIGN UP search


parenting

PTM Digelar, Ini Durasi Belajar Anak di Sekolah dari Jenjang PAUD-SMA

Asri Ediyati Selasa, 07 Sep 2021 07:05 WIB
Lecture room or School empty classroom with Student taking exams, writing examination for studying lessons in high school thailand, interior of secondary education, whiteboard. educational concept caption
Jakarta -

Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di DKI Jakarta telah dilaksanakan mulai Senin (30/8/2021). Penyelenggaraan PTM Terbatas ini sesuai dengan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

Hal itu diatur dalam Keputusan Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021, serta Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1026 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Corona Virus Disease 2019.

Sejumlah peraturan ditetapkan pemerintah untuk mengantisipasi penularan COVID-19 selama pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas. PTM Terbatas Tahap 1 di Provinsi DKI Jakarta digelar dengan kapasitas 50 persen pada setiap satuan pendidikan.


Ya, tidak semua warga DKI Jakarta diperkenankan untuk mengajar para murid di kegiatan PTM Terbatas. Ada syarat khusus bagi mereka yang ingin kembali bekerja di sekolah.

Hanya pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah divaksinasi lengkap diperbolehkan datang mengikuti PTM Terbatas. Capaian vaksinasi tenaga pendidik DKI Jakarta saat ini berjumlah 85,15 persen. Sedangkan untuk peserta didik berjumlah 94,03 persen Bunda.

Banner Putri Ahok dan Puput

Lalu, terdapat aturan yang tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 882 Tahun 2021 yang diteken Dinas Pendidikan (Kadisidik) Nahdiana. Untuk jadwal pembelajaran, jumlah hari kelas dalam seminggu, dan jumlah jam belajar per harinya hari diterapkan melalui pembagian rombongan belajar (shift).

Dengan demikian, siswa tetap bisa menerapkan jarak 1,5 meter antar meja dengan siswa lainnya. Selama sekolah tatap muka, rombongan belajar menjalani pembelajaran dengan metode blended learning.

Metode blended learning merupakan proses belajar tatap muka di kelas yang digabungkan dengan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Oleh karena itu, satu rombongan belajar di sebuah kelas menjalani pembelajaran di sekolah secara terbatas, sementara rombongan lain menjalani PJJ secara bersamaan.

Selain itu, salah satu poin penyelenggaraan sekolah tatap muka adalah durasi jam belajar selama pandemi, Bunda. Sekolah tatap muka terbatas terbagi atas fase masa transisi selama dua bulan dan fase masa kebiasaan baru. Fase masa transisi berlangsung selama 2 bulan sejak PTM terbatas dimulai di satuan pendidikan tersebut.

Pada masa transisi, kantin sekolah tidak dibuka. Terkait kebijakan ini, siswa dapat melaksanakan istirahat dan makan bekal yang disiapkan dari rumah.

Nah, berapa lama durasi pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas di tiap jenjang pendidikan? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(aci/fir)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!