sign up SIGN UP search


parenting

Kapan Anak Usia 6 Tahun ke Atas Bisa Vaksin COVID-19? Berikut Penjelasan Pakar

Annisa Afani Rabu, 08 Sep 2021 14:52 WIB
A medium shot of a Caucasian, young girl receiving her Covid-19 vaccination from a nurse. They are both wearing a protective face mask. caption
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak terus menjadi perbincangan ya, Bunda. Bahkan belum lama ini, Chili menyetujui anak-anak berusia 6 tahun ke atas dapat divaksinasi Sinovac.

Namun sayangnya, hal tersebut belum berlaku di Indonesia. Hal tersebut telah ditegaskan oleh Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), Prof Sri Rezeki Hadinegoro. Alasannya, ia menyebut bahwa hal tersebut belum dikaji lebih mendalam.

Menurut dia, saat ini pemerintah lebih dulu fokus untuk menyelesaikan target cakupan vaksinasi demi mencapai herd immunity, Bunda. "Belum, kita harus menyelesaikan herd immunity dulu," jelas Prof Sri, dikutip dari detikcom pada Selasa (7/9/2021).


Herd immunity sendiri sempat ditargetkan atau diprediksi akan tercapai akhir tahun ini. Hal ini pun seiring dan berkaitan dengan jumlah cakupan vaksinasi yang terus digencarkan.

Namun dengan munculnya varian Delta di seluruh provinsi Indonesia, maka Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin merasa khawatir dengan kemungkinan herd immunity tidak bisa tercapai. Target yang semula berada di 70 persen dari populasi warga untuk divaksinasi demi herd immunity, menurut dia perlu ditingkatkan hingga 90 persen.

Banner Putri Ahok dan Puput

"Masukan dari mereka (para ahli) dengan kondisi efikasi vaksin-vaksin yang paling tinggi seperti Pfizer dan Moderna terhadap (varian) Delta efikasinya sudah turun dari 90-an persen ke level 60-an-70-an," kata Menkes dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI.

"Dan kenyataan bahwa varian Delta yang baru ini replication rate-nya jauh lebih tinggi dari Wuhan, bisa 5-8 kali. Berdasarkan keilmuannya mereka, herd immunity tidak akan tercapai."

"Kalau mau vaksin pun harus lebih dari itu, dengan efikasi yang ada sekarang dan varian Delta," lanjutnya.

Sementara itu, Prof Sri belum segera menjawab apakah vaksinasi usia anak 6 tahun ke atas dipertimbangkan untuk tahun depan, Bunda. Karena seperti yang diketahui bersama, vaksin COVID-19 bagi anak di Indonesia baru bisa diberikan bagi yang sudah berusia 12-17 tahun menggunakan Sinovac dan Pfizer.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, simak juga cara daftar dan cek lokasi vaksinasi COVID-19 untuk bumil dalam video berikut, yuk:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!