sign up SIGN UP search


parenting

Komnas KIPI Nyatakan Kematian 2 Siswa di Jombang Bukan karena Vaksin COVID-19

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 03 Jan 2022 11:39 WIB
Vaksin Covid-19 Ilustrasi Vaksin COVID-19/ Foto: iStock
Jakarta -

Kejadian anak meninggal usai vaksinasi COVID-19 terjadi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Setidaknya ada dua bocah Sekolah Dasar (SD) yang meninggal usai mendapatkan vaksin COVID-19, Bunda.

Pertama adalah seorang siswa bernama Muhammad Bayu Setiawan yang meninggal pada Selasa (28/12/21). Ia adalah siswa kelas 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gedangan, Kecamatan Mojowarno, Jombang.

Bayu meninggal dunia kurang dari 24 jam setelah mendapatkan vaksin COVID-19 jenis Pfizer di Puskesmas Mojowarno pada Senin (27/12/21). Sebelum meninggal, Bayu yang baru dikhitan ini sempat mengalami demam dan muntah.


Sementara itu, kasus kedua dialami Naura Sabrina Galiyah, siswi kelas 4 SDN Catakgayam 1, Kecamatan Mojowarno. Putri bungsu dari pasangan Joko dan Marwatun ini mengikuti program vaksinasi COVID-19 di sekolahnya pada Rabu (22/12/21) pagi, Bunda. Adapun vaksin yang diterima Naura adalah jenis Sinovac.

Kebiasaan yang Rusak Tanaman Hias

Dua hari setelah vaksinasi, Naura mulai mengalami gejala seperti demam, biduran, dan muntah-muntah. Ia pun sempat mendapatkan perawatan medis di Puskesmas hingga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

"Sakitnya tanggal 24 Desember. Saat itu (Naura) sudah tinggi panasnya, kemudian keluar bentol-bentol semacam biduran, muntah juga," kata Marwatun, dikutip dari detikcom.

Kepala Puskesmas Mojowarno Ainun Zubaidah menjelaskan, apa yang dialami Naura setelah vaksinasi COVID-19 merupakan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Namun, dia tidak bisa memastikan sakit yang diderita Naura sampai meninggal dunia dampak dari vaksin.

Semua kejadian ikutan pasca imunisasi namanya ya KIPI, tapi apakah disebabkan vaksin atau tidak, itu ada tim sendiri yang akan melakukan investigasi," ujarnya.

Selain dua kasus anak SD ini, laporan kematian usai vaksin juga ditemukan di Bone, Sulawesi Selatan. Ada dua warga yang dilaporkan meninggal dunia usai vaksin COVID-19 di sana.

Terkait laporan ini, Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI), Hindra Irawan Satari, akhirnya buka suara. Hindra menegaskan, belum ada kasus meninggal yang disebabkan vaksinasi COVID-19

Investigasi pun telah dilakukan terhadap kasus kematian di Jombang dan Bone. Lalu apa hasil temuan Komisi KIPI?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga aturan vaksinasi COVID-19 untuk anak dengan diabetes, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/pri)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!