sign up SIGN UP search

parenting

Kapan Vaksinasi COVID-19 Anak Usia 6-11 Th Dimulai di Indonesia? Ini Penjelasannya Bun

Annisa Afani Jumat, 05 Nov 2021 09:00 WIB
A medium shot of a Caucasian, young girl receiving her Covid-19 vaccination from a nurse. They are both wearing a protective face mask. Ilustrasi vaksin COVID-19 anak/Foto: Getty Images/SolStock
Jakarta -

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Profesor Wiku Adisasmito, belum lama ini memberi penjelasan lebih lanjut soal pemberian vaksin COVID-19 pada anak usia 6 hingga 11 tahun, Bunda. Mengutip dari laman covid19.go.id, vaksinasi COVID-19 pada anak akan dilakukan setelah cakupan vaksinasi nasional tercapai. 

Hal tersebut bisa diupayakan jika sudah melebihi 70 persen dari total sasaran target vaksinasi dan lebih dari 60 persen populasi lansia. "Vaksinasi ini dimulai dari kabupaten atau kota yang telah memenuhi target tersebut," kata Wiku, disiarkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Kemudian pemerintah berusaha mencapai target ini di akhir tahun 2021," sambungnya.


Lebih lanjut, diketahui pula bahwa pemerintah telah menargetkan vaksinasi pada anak hingga menyentuh angka sekitar 26,4 juta orang, ini sesuai dengan kebutuhan dua dosis per orang.

Vaksinasi pada target tersebut pun akan menjadi wajib dalam rangka melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

"Mengingat kegiatan aktivitas sosial masyarakat termasuk di sektor pendidikan secara bertahap kembali berjalan normal," tutur Wiku.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pernah menerbitkan izin vaksin COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun, Bunda. Hal ini disampaikan langsung lewat konferensi pers oleh Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP.

"Alhamdulillah, kami dapat menyampaikan pengumuman untuk telah diterbitkannya izin vaksin COVID-19 dari vaksin Sinovac, Coronavac, dan vaksin COVID-19 dari Biopharma untuk anak 6-11 tahun," kata Penny di Konferensi Pers Persetujuan Penggunaan Vaksin Sinovac pada Anak, dilansir kanal YouTube resmi BPOM RI.

Menurut Penny, ini menyusul pada izin penggunaan sebelumnya yaitu 12-17 tahun. Jadi sekarang, penggunaan vaksin Sinovac bisa digunakan untuk vaksinasi anak untuk usia 6-11 tahun.

"Saya kira ini suatu berita yang menggembirakan ya karena kami yakin sekali bahwa vaksinasi anak sangat menjadi suatu yang terjun sekarang apalagi pembelajaran pengajaran tatap muka sudah dimulai," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua IDAI Piprim Basarah Yanuarso mengatakan bahwa IDAI sangat menyambut baik dengan adanya izin untuk vaksinasi pada usia 6-11 tahun ini.

"Dan IDAI yang memiliki anggota 4.600 sekian dokter anak. Kami siap membantu menyukseskan program vaksinasi COVID ini untuk anak-anak 6-11 tahun. Sebagaimana sebelumnya untuk remaja juga kami juga membantu untuk menyukseskannya," ucap Piprim.

Mewakili IDAI, Piprim memberi pesan pada orang tua terkait berita anak 6-11 tahun diperbolehkan vaksin. Baca pesannya di halaman berikut.

Bunda, simak juga efek samping pasca vaksin COVID-19 bagi Bunda menyusui dan cara mengatasinya dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PESAN IDAI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!