sign up SIGN UP search


parenting

Bun, Ajak Si Kecil Tamasya ke Dunia Cerita Lewat Pesta Dongeng Yuk!

Zika Zakiya Rabu, 08 Sep 2021 11:05 WIB
Ilustrasi anak membaca caption
Jakarta -

Dongeng bukan hanya sekadar cerita, Bun. Ia memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil, memperbanyak kosakata, dan melatih komunikasi. Dari dongeng pula anak bisa belajar berimajinasi, menganalisis, serta berbahasa.

Bahkan, dongeng juga dapat menjadi cara menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak-anak, tanpa merasa digurui atau didikte. Manfaat dongeng dikuatkan juga dengan sebuah studi penelitian dari National Institute of Child Health and Human Development, AS, yang dipimpin oleh G. Reid Lyon, Ph.D.

Dalam penelitian itu disebut bahwa ada indikasi yang jelas perbedaan neurologis antara anak-anak yang teratur dibacakan cerita dengan mereka yang tidak terbiasa mendengar cerita. Perbedaan tersebut mencakup kemampuan anak untuk lebih cepat terampil berbahasa, ketika terbiasa mendengarkan dongeng.


Banner Putri Ahok dan PuputFoto: Mia Kurnia Sari

Nah, dengan segala kebaikan ini, enggak ada salahnya jika Bunda ikut dalam Pesta Klub Dongeng (PKD) yang akan berlangsung sejak 28 Agustus 2021 dan mencapai puncaknya di 11 September mendatang.

"Kegiatan yang Dapat Ditemukan di PKD 2021 Perjalanan 'Tamasya ke Dunia Cerita' dimulai dari Kelas Mendongeng Anak sebagai Acara Pembuka. Kelas belajar dongeng yang dikhususkan untuk anak-anak usia 6-12 tahun ini telah diadakan secara virtual pada Hari Sabtu, 28 Agustus 2021," demikian rilis yang diterima HaiBunda.

PKD sendiri merupakan bentuk perayaan ulang tahun komunitas dongeng. Tema besar yang diangkat hendak mengajak anak-anak dan orang tua bertamasya melalui imajinasi cerita dan alur waktu, walau sedang berada di rumah saja.

"Klub Dongeng juga melakukan seleksi pendongeng anak secara daring, untuk memberikan kesempatan kepada enam pendongeng terpilih tampil di Sesi Ruang Dongeng dari Anak. Sesi yang diadakan pada Hari Sabtu, 11 September 2021 pukul 09.00 WIB," jelas rilis tersebut.

Sesi Ruang Dongeng dari Anak dapat disaksikan untuk umum di kanal YouTube atau Instagram Live @klubdongeng. Sore harinya di pukul 15.00 ada sesi Ruang Belajar Dongeng. Ini adalah sebuah ruang kelas daring untuk dewasa dan orang tua mempelajari dongeng bersama Kak Ariyo Zidni (@aiodongeng), di Zoom Meeting Online.

Pada hari kedua Pesta Klub Dongeng, terdapat Ruang Dongeng Spesial pada pagi hari yang merupakan sesi dongeng dan crafting khusus untuk anak-anak melalui Zoom Meeting Online. Acara ini dimeriahkan bersama Kak Diaz dan Kak Uci Kelinci, adik-adik akan membuat crafting dari cerita dongeng yang didengarkan.

Dilanjut pada sore hari dimulai pukul 15.00 WIB yang menjadi acara puncak dari Pesta Klub Dongeng. Semua ini bisa disaksikan secara umum di kanal YouTube atau Instagram Live Klub Dongeng. Para pendongeng yang akan hadir yaitu Rona Mentari, Uncle Sam Dongeng Wayang Kardus, Nadila Fitria, Kak Bonchie, Kak Valent, Cerita Zack Kanya, Kak Semira, Kak Tarisa, dan Kak Latif.

Simak juga video berikut mengenai keseruan anak yang mendengarkan dongeng secara langsung. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!