sign up SIGN UP search


parenting

Manfaat Mendongengkan Cerita Rakyat ke Anak, Banyak Ajarkan Pesan Baik Bun

Annisa Karnesyia Sabtu, 04 Sep 2021 11:33 WIB
Dongeng caption
Jakarta -

Dongeng bisa menjadi aktivitas menyenangkan untuk mendekatkan diri ke buah hati. Melalui dongeng, Bunda juga bisa mengasah kemampuan literasi Si Kecil lho.

Menurut Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Dr. Muhammad Hasbi, tradisi dongeng sudah dilakukan turun menurun. Ada banyak cerita rakyat yang sering kita dengar, misalnya Timun Mas atau Si Kancil.

Menurutnya, manfaat dongeng tak hanya dirasakan anak, tapi juga pendidik dan orang tua. Dongeng pun bukan cuma sekedar hiburan yang mengundang tawa, tapi juga sarana untuk menanamkan pendidikan karakter bagi anak.


"Contohnya, ketika kita menceritakan tokoh baik dan tidak baik, anak akan diajak menanamkan perilaku baik dari tokoh tersebut," kata Muhammad Hasbi, dalam Virtual Press Conference Nestlé DANCOW Nutritods 'DONGENG AKU DAN KAU: INDONESIA MENDONGENG 2021' via YouTube DANCOW ID, Kamis (2/9/21).

Nama Bayi JawaNama bayi/ Foto: Mia Kurnia Sari

Salah satu dongeng yang bisa kita kenalkan ke anak toddler dan prasekolah adalah cerita rakyat. Indonesia memiliki beragam cerita rakyat yang isinya bisa membantu mengembangkan kemampuan belajar buah hati, Bunda.

Dari cerita rakyat ini, kita bisa mengenalkan bahasa, kosakata baru, kemampuan berkomunikasi, wawasan, serta kebudayaan Tanah Air. Cerita rakyat juga bisa jadi alternatif dongeng di masa pandemi dan di era globalisasi.

"Di era globalisasi ini, kebudayaan mulai terkikis. Nah, kita bisa membantu melestarikan dongeng dengan berbasis cerita rakyat dan dikenalkan sejak dini ke anak," ujar Muhammad Hasbi.

"Melalui cerita rakyat, ada berbagai cerminan kebudayaan yang bisa merefleksikan persamaan dan perbedaan. Anak juga bisa jadi percaya diri, belajar mengapresiasi karya sastra, dan sadar tentang kebudayaan," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, psikolog klinis Ratih Ibrahim, M. M., mengatakan bahwa cerita rakyat dapat mengajarkan nilai kejujuran, kegigihan, gotong royong, toleransi berbuat baik, dan tolong menolong. Melalui cerita rakyat, diharapkan anak bisa tumbuh menjadi calon pemimpin yang cerdas, Bunda.

"Harapannya, kita bisa melahirkan anak unggul Indonesia yang cerdas, kreatif, peduli, dan berjiwa pemimpin, sehingga mereka siap menghadapi berbagai tantangan di mada depan," kata Ratih.

Mengenalkan kebudayaan Indonesia melalui cerita rakyat bisa dimulai sejak anak dini, namun harus sesuai usianya. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya.

Simak juga 8 mainan untuk anak usia 2 tahun, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PILIHAN CERITA RAKYAT UNTUK ANAK SESUAI USIANYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!