sign up SIGN UP search


parenting

Cara Mudah Prediksi Tinggi Badan Anak saat Dewasa dari Faktor Keturunan

Annisa Karnesyia Sabtu, 11 Sep 2021 13:37 WIB
ilustrasi tinggi badan anak caption
Jakarta -

Tinggi badan anak saat dewasa bisa diprediksi lho, Bunda. Caranya dengan menghitung potensi tinggi genetik anak dari tinggi badan orang tuanya.

Menurut dr. Aditya Suryansyah, Sp.A(K), kebanyakan anak akan mencapai tinggi badan akhir yang sama dengan orang tuanya. Tinggi badan anak pun bisa diprediksi dari faktor generik atau keturunan ini.

"Faktor-faktor yang menentukan adalah faktor genetik, hormon, nutrisi, kesehatan, dan lingkungan." kata Aditya, dikutip dari Instagram @dr_aditya_spak, Selasa (7/9/21).


Tinggi badan anak saat dewasa dapat diukur untuk menilai apakah anak sudah sesuai dengan potensi genetiknya atau tidak. Selain itu, Bunda juga bisa mengetahui penyebab anak pendek nih.

Banner Putri Ahok dan PuputFoto: Mia Kurnia Sari

"Tinggi badan anak dapat diprediksi saat dewasa. Sehingga kita dapat menilai anak sesuai potensi genetiknya atau tidak. Dan dapat menilai apakah anak pendek karena genetik atau ada gangguan pertumbuhan," ujar Aditya yang praktik di RSAB Harapan Kita ini.

Bunda bisa memprediksi tinggi badan anak saat dewasa melalui perhitungan potensi tinggi genetik nih. Dalam perhitungan ini, ada rumus untuk menghitung potensi tinggi genetik anak laki-laki dan perempuan dari tinggi badan orang tuanya.

Infografis Cara Menambah Tinggi Badan AnakInfografis Cara Menambah Tinggi Badan Anak/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Menurut Aditya, Potensi Tinggi Genetik (PTG) adalah rentang nilai tinggi badan akhir seseorang akibat pengaruh genetik kedua orang tua biologisnya. Nah, berikut rumus PTG untuk anak laki-laki dan perempuan:

1. Potensi tinggi genetik laki-laki

((Tinggi badan Ayah + 13) + Tinggi badan Ibu):2 = Hasil tinggi badan minimal dikurangi (-) 8,5 dan tinggi badan maksimal ditambah (+) 8,5

2. Potensi tinggi genetik perempuan

((Tinggi badan Ayah - 13) + Tinggi badan Ibu):2 = Hasil tinggi badan minimal dikurangi (-) 8,5 dan tinggi badan maksimal ditambah (+) 8,5

Contoh perhitungan PTG untuk anak laki-laki dan perempuan bisa dilihat di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 3 hal yang perlu dihindari orang tua pada anak sekolah dasar, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENGHITUNG POTENSI TINGGI GENETIK ANAK SAAT DEWASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!