sign up SIGN UP search


parenting

5 Rekomendasi Tempat Trekking Ramah Anak, Sentul hingga Gunung Pancar

Annisa A Senin, 13 Sep 2021 12:45 WIB
Wisata Trekking Ramah Anak caption
Jakarta -

Berekreasi di tengah alam menjadi hal yang seru untuk dilakukan bersama keluarga. Trekking dapat menjadi aktivitas yang bisa Bunda coba bersama Si Kecil lho.

Trekking merupakan solusi untuk keluarga yang ingin berlibur di tengah suasana alam namun masih berada di wilayah urban. Bunda juga dapat mengajak anak-anak ikut serta dalam kegiatan trekking.

Wisata trekking ramah anak saat ini tengah menjamur. Trekking menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan anak dengan alam. Sesekali, tak ada salahnya mencari suasana liburan yang baru jika sedang bosan dengan suasana kota.


Kegiatan liburan di tengah alam juga mulai diminati masyarakat. Aktivitas di ruang terbuka dengan jarak antara orang ke orang yang cukup jauh dinilai lebih aman dilakukan di tengah pandemi.

Tak perlu khawatir ketika mengajak Si Kecil. Wisata alam trekking ramah anak sudah dirancang untuk diikuti oleh semua umur, termasuk anak-anak.

Berwisata di tengah pandemi, tentunya Bunda dan keluarga tidak boleh melupakan protokol kesehatan ya. Tetap jaga jarak, pakai masker, dan menjaga kebersihan agar liburan tetap aman.

Bunda, berikut ini 5 lokasi trekking ramah anak yang bisa menjadi alternatif liburan keluarga:

1. Sentul

Sentul merupakan kawasan kota pegunungan di Jawa Barat yang terkenal dengan wisata alamnya. Tak berada jauh dari wilayah urban, Sentul sangat mudah dicapai dengan jarak tempuh yang tidak terlalu lama.

Sentul juga menjadi lokasi trekking yang ramah anak lho. Trekking di daerah Sentul menawarkan keindahan alam yang asri dan tenang.

"Kalau Sentul kan kawasan gunung. Airnya relatif lebih bersih di Sentul. Selain trekking melewati daerah sawah, ada juga curug yang bisa dikunjungi saat trekking," kata Asti, founder Hiking Bocah kepada HaiBunda.

Jalur trekking di kawasan Sentul sangat mudah ditempuh oleh anak-anak. Rutenya tidak terlalu panjang, sekitar 3 hingga 3,5 kilometer saja, bunda. Jarak tersebut dapat ditempuh hanya dalam waktu satu jam.

Tak hanya dimanjakan dengan pemandangan alam, jalur trekking di Sentul juga tidak membahayakan. Sebab, jalur trekking di sini cukup landai dan memiliki kontur yang rapi.

"Secara kontur tidak ekstrem, tidak ada jurang, jalannya lebar, dan lebih banyak bebatuan," ujarnya.

Selain Sentul, Bunda juga bisa melakukan trekking di daerah lain yang tak kalah asri. Baca di halaman selanjutnya, Bunda.

Jangan lupa saksikan video tips berlibur aman dan nyaman tanpa kerumunan:

[Gambas:Video Haibunda]

KATULAMPA & CURUG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!