sign up SIGN UP search


parenting

Bun, Ini 5 Fungsi Rangka Manusia yang Bisa dengan Mudah Dijelaskan ke Anak

Annisa Karnesyia Selasa, 14 Sep 2021 16:19 WIB
Belajar di rumah Bun, Ini 5 Fungsi Rangka Manusia yang Bisa dengan Mudah Dijelaskan ke Anak/ Foto: iStock
Jakarta -

Bunda bisa mulai menjelaskan fungsi rangka manusia ke anak saat dia duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) ya. Biasanya materi pelajaran ini dipelajari oleh anak kelas 5 SD.

Mengenalkan fungsi rangka tidak bisa langsung dijelaskan ke buah hati. Bunda perlu mengenalkan dahulu susunan rangka tubuh manusia agar dia bisa mengetahui gambarannya.

Nah, agar lebih mudah, Bunda bisa menggunakan model rangka manusia yang sering digunakan di sekolah. Dengan melihat langsung, anak umumnya dapat dengan mudah menghafal dan memahami fungsi rangka manusia.


Susunan rangka manusia

Susunan tulang atau rangka tubuh manusia masuk ke dalam sistem gerak. Menurut Dede Abdurohman dalam buku Sistem Rangka: Susunan Penegak Tubuh yang Kokoh, rangka adalah tulang-tulang yang saling berhubungan dan tersusun secara teratur di dalam tubuh, Bunda.

Antar tulang dihubungkan dengan sendi, sehingga tulang terikat kuat pada tempatnya. Sedangkan bagian yang menggerakkan rangka manusia adalah otot.

Ketika masih bayi, kita memiliki 300 potong tulang lho, Bunda. Jumlah ini menurun seiring bertambahnya usia.

"Saat tumbuh besar, di antara potongan-potongan tulang banyak yang menyambung dan bersatu, seperti tulang-tulang di punggung dan tulang tengkorak. Sehingga, ketika dewasa, kita hanya memiliki 206 potong tulang," kata Dede.

Melansir dari laman Rumah Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), berikut susunan rangka tubuh manusia:

1. Tulang tengkorak

Tulang tengkorak atau rangka kepala tersusun atas tulang-tulang pipih yang saling berhubungan, sehingga membentuk tengkorak. Tulang-tulang ini mengelilingi dan melindungi otak, serta bola mata dan telinga bagian dalam.

Tulang tengkorak terdiri dari tulang tengkorak bagian kepala (tempurung kepala) dan tulang tengkorak bagian muka (wajah). Rangka kepala tersusun dari 30 tulang yang tumbuh bersama dan membentuk batok yang mirip helm, Bunda.

2. Tulang badan

Tulang badan merupakan kelompok tulang yang membentuk badan kita nih. Tulang ini dibentuk oleh berbagai ruas-ruas tulang, yakni:

  • Tulang belakang: berbentuk tulang pendek dan berjumlah 33 ruas.
  • Tulang dada: berbentuk pipih dengan panjang kurang lebih 15 cm. Dibagi menjadi tiga, yaitu bagian hulu (bagian yang pada sisi kiri dan kanannya melekat sepasang tulang selangka), bagian badan (sisi kiri dan kanannya melekat 7 pasang tulang rusuk sejati), dan bagian taju pedang tersusun atas tulang rawan.
  • Tulang rusuk: berjumlah 12 pasang, bentuknya pipih. Terbagi menjadi tulang rusuk sejati (7 pasang), palsu (3 pasang), dan melayang (2 pasang).
  • Gelang bahu: tersusun dari tulang selangka dan belikat.
  • Gelang panggul: tersusun dari tulang usus, tulang duduk, dan tulang kemaluan.

3. Tulang anggota gerak

Tulang anggota gerak terdiri dari anggota gerak atas dan bawah. Anggota gerak atas adalah tangan atau lengan, sedangkan anggota gerak bawah adalah kaki.

Mother helping daughter with homeworkIlustrasi anak sedang belajar/ Foto: iStock

Fungsi rangka manusia

Tahukah Bunda, tubuh kita dapat bergerak dengan bebas karena memiliki rangka lho. Tulang dan otot harus cukup kuat agar dapat aktif bergerak melakukan aktivitas.

Selain untuk fungsi gerak, tulang atau rangka memiliki fungsi lain bagi tubuh. Mengutip buku Mengenal Rangka Tubuh oleh Nina Surtiretna, dkk, berikut 5 fungsi rangka manusia:

1. Memberi bentuk tubuh

Manusia memiliki bentuk tubuh yang tetap karena memiliki tulang atau rangka. Seperti membangun rumah, kita perlu membuat rangka yang kuat agar tidak mudah roboh. Begitu pun tubuh manusia.

Tanpa rangka, tubuh kita akan seperti cacing, ubur-ubur, atau siput. Karena tidak memiliki tulang, hewan-hewan tersebut tak memiliki bentuk tubuh yang tetap.

2. Menopang tubuh

Fungsi rangka manusia lainnya adalah untuk menopang tubuh agar berdiri dengan kokoh. Fungsi ini diambil alih oleh tungkai bawah atau kaki.

"Tulang telapak kaki kita berfungsi seperti fondasi. Tulang paha, tulang betis, dan tulang kering, dibantu oleh tempurung kaki, menjadi tiangnya. Kaki menopang badan kita agar bisa berdiri," ujar Nina.

Sementara itu, tulang punggung, tulang dada, dan tulang di sekitarnya juga memiliki fungsi sebagai penopang tubuh. Mereka menopang tubuh agar badan tetap tegak.

3. Pelindung organ dalam tubuh

Setiap susunan rangka manusia memiliki fungsi sebagai pelindung organ dalam tubuh. Rangka berfungsi untuk melindungi otak, jantung, ginjal, dan organ lainnya yang penting dalam tubuh.

Tulang tengkorak sangat keras dan bersendi mati, sehingga memiliki fungsi seperti helm yang melindungi otak. Sedangkan tulang belakang dan dada berfungsi untuk melindungi jantung, paru-paru, dan hati.

Tulang belakang juga melindungi sumsum tulang belakang yang berfungsi sebagai penghubung sistem saraf ke otak atau sebagai pusat gerak refleks. Sementara itu, tulang pinggul kita juga berfungsi untuk melindungi alat pencernaan dan alat kelamin nih.

4. Tempat otot-otot dan daging melekat

Tulang kita berada di bawah otot (daging) dan kulit, Bunda. Tulang menjadi tempat melekatnya otot dan daging untuk kemudian dibungkus oleh kulit.

"Otot dan daging melekat cukup rekat pada tulang belulang. Tanpa tempat melekat yang kokoh, otot tidak dapat menggerakkan tubuh," kata Nina.

5. Tempat pembentukan sel-sel darah

Fungsi rangka manusia selanjutnya yakni sebagai tempat pembentukan sel-sel darah. Pada rongga tulang spons dan tulang pipa terdapat sumsum tulang.

Sumsum ini berwarna merah pada masa pertumbuhan. Ketika dewasa, pertumbuhan akan berhenti dan sebagian sumsum merah ini berubah menjadi kuning berlemak.

Sumsum merah hanya ditemukan di ujung atas tulang lengan atas dan tulang paha, ruas tulang belakang, tengkorak, dada, rusuk, dan pelvis. Di dalam sumsum merah inilah dibuat sel-sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping-keping darah (trombosit).

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!