sign up SIGN UP search


parenting

Video 'Aku Bukan Homo' Muncul di Konten YouTube Anak, KPAI: Sudah Diblokir

Annisa Karnesyia Selasa, 14 Sep 2021 15:25 WIB
KATA KPAI AGAR KEJADIAN SERUPA TAK TERULANG LAGI
YouTube icon caption

Sebagai lembaga perlindungan anak, KPAI telah berkomitmen untuk melindungi anak, termasuk dari konten dewasa di ranah digital. Meski begitu, Rita mengaku bahwa hal ini tak mudah dilakukan.

"Memang ini yang tidak mudah karena dunia digital peraturannya masih terbatas," ujar Rita.

Menurut wanita kelahiran Kebumen ini, platform seperti YouTube juga perlu mengemban tanggung jawab untuk melindungi anak. Melalui tanggung jawab ini, dia berharap kejadian serupa tak terulang lagi.


Kemudian, masyarakat juga perlu terbuka dan berani melapor. Meski KPAI melakukan kontrol, masyarakat memiliki peran penting untuk melindungi anak Indonesia dari konten dewasa yang tidak sesuai.

"Menurut saya, platform seperti YouTube ini harus memiliki tanggung jawab agar hal seperti ini tidak terjadi. Kemudian, masyarakat juga bisa sesering mungkin memberikan report agar hal seperti ini tidak terjadi. Jadi ada dua arah, kita juga melakukan kontrol," ujarnya.

Nah, untuk Ayah dan Bunda, Rita juga berpesan agar bisa melindungi anak dari konten dewasa. Caranya dengan menguatkan literasi digital dan mendidik anak agar berani bicara dan melapor.

"Anak bisa pakai YouTube khusus anak dan harus dihubungkan dengan family link supaya banar-benar orang tua bisa melihat anaknya seperti apa," kata Rita.

"Selain itu, literasi digital harus dikuatkan agar anak tak melakukan tindakan tidak baik, atau kalau anak melihat sesuatu pun, dia bisa report ke kita."

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!