sign up SIGN UP search


parenting

5 Tips Pilih Masker Anak untuk Sekolah Tatap Muka, Penting Bunda

Asri Ediyati   |   Haibunda Kamis, 16 Sep 2021 12:04 WIB
School Girl wearing mouth mask against air smog pollution in Bangkok city, Thailand caption
Jakarta -

Per 30 Agustus lalu, pembelajaran tatap muka (PTM) atau sekolah tatap muka sudah mulai diterapkan di beberapa daerah kecuali yang memiliki zona merah, Bunda. Aturan dan protokol kesehatan pun diterapkan dengan ketat agar harapannya sekolah bukan menjadi klaster baru penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, ada beberapa syarat dan ketentuan sekolah tatap muka yang mengacu pada SKB 4 Menteri, Bunda. Syarat dan ketentuan yang wajib diperhatikan siswa, guru, dan orang tua jika ingin menerapkan sekolah tatap muka antara lain jaga jarak minimal 1,5 meter setiap siswa di kelas dengan kapasitas maksimal 50 persen di kelas.

Lalu, ada pembagian rombongan belajar (shift) yang dapat ditentukan oleh satuan pendidikan dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga satuan pendidikan.


Nah, yang tak kalah penting adalah guru dan murid wajib menggunakan masker kain tiga lapis atau masker sekali pakai/masker bedah yang menutupi hidung dan mulut sampai dagu.

Bicara soal pemakaian masker, UNICEF dan WHO memang telah merekomendasikan bahwa anak usia SD, yaitu berusia 6 - 11 perlu diberi pendekatan berbasis risiko. Sementara, anak-anak berusia 12 tahun ke atas perlu diperlakukan seperti orang dewasa saat mengenakan masker.

1. Pilih yang nyaman dan pas

Masker benar-benar berfungsi sebagai pelindung jika anak sungguh-sungguh memakainya. Untuk anak usia SD, Bunda perlu memilihkan mereka masker yang nyaman sehingga mereka tidak sibuk memperbaiki atau melepas-pakainya sepanjang hari.

Penting bagi Bunda untuk memilih masker yang pas di hidung dan mulut hingga turun ke dagu. Akan lebih bagus jika memiliki loop telinga yang bisa disesuaikan sehingga tidak membuat telinga mereka sakit.

Ukuran yang pas adalah kunci untuk memiliki masker pelindung, jadi pastikan masker anak tidak terbuka lebar di bagian tepinya ya, Bunda.

Baca tips lainnya di halaman berikut.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS PILIH MASKER ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!