sign up SIGN UP search


parenting

3 Cara Membersihkan Hidung Bayi, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani   |   Haibunda Jumat, 09 Sep 2022 17:30 WIB
Ilustrasi membersihkan hidung bayi dengan bulb syringe 3 Cara Membersihkan Hidung Bayi, Bunda Perlu Tahu/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Membersihkan hidung bayi adalah hal yang sepertinya mudah, tapi tahukah Bunda bagaimana cara membersihkan hidung bayi yang dianjurkan secara medis?

Bayi belum bisa mengeluarkan kotoran ketika hidungnya meler atau tersumbat. Lalu, bagaimana cara membersihkan hidung bayi yang aman?

Jika ini adalah pengalaman pertama Bunda melihat Si Kecil tersiksa karena hidungnya yang tersumbat, maka jangan khawatir. Sebab ada banyak pilihan yang bisa Bunda lakukan untuk membersihkan hidung bayi. 


Namun, Bunda perlu melakukannya dengan benar. Karena jika tidak, membersihkan hidung bayi bisa melukai kulitnya yang sensitif.

Cara membersihkan hidung bayi

Berikut adalah cara membersihkan hidung bayi, seperti yang dikutip dari Healthline dan sumber lainnya.

1. Dengan bulb syringe

Bulb syringe adalah sebuah alat yang dibuat khusus untuk dapat mengeluarkan lendir pada hidung. Cara kerjanya adalah memasukkan lendir atau kotoran ke dalam alat tersebut.

Jika belum kunjung bersih, Bunda bisa mengulanginya beberapa kali hingga hidung Si Kecil bersih. Jangan lupa siapkan tisu untuk membersihkan alatnya ya, Bunda.

2. Dengan nasal aspirator

Nasal aspirator merupakan alat untuk menyedot lendir dari hidung bayi. Alat ini cukup populer belakangan karena mudah untuk dipakai dan efektif mengeluarkan lendir. 

Alat ini dilengkapi dengan corong dan tabung yang menempel seperti jarum suntik, ujungnya terbuka dan menyempit, serta dilengkapi filter.

Cukup tempatkan ujung alat ini ke lubang hidung, lalu hisap dengan alatnya. Tapi Bunda jangan terlalu keras dalam menghisapnya ya, karena akan menimbulkan iritasi.

3. Dengan nasal spray

Jika lendir yang ada di dalam hidung Si Kecil cukup kental, maka Bunda bisa menggunakan nasal spray. Tujuan utama dari penggunaan semprotan hidung ini adalah melonggarkan lendir yang ada, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Itulah tadi tiga cara membersihkan hidung bayi yang dianggap cukup aman. Untuk tips perawatan hidung bayi yang tersumbat bisa Bunda cek di halaman berikut ini.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



 

fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
4 TIPS PERAWATAN HIDUNG BAYI YANG TERSUMBAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!