sign up SIGN UP search


parenting

3 Dampak Positif Membacakan Cerita Pendek untuk Anak, Bunda Wajib Tahu

Tim HaiBunda Jumat, 01 Oct 2021 14:30 WIB
Pretty young mother reading a book to her daughter. Family holiday and togetherness. caption
Jakarta -

Setiap orang tua memiliki kewajiban dalam membesarkan dan mendidik anak secara baik. Selain itu, anak juga berhak mendapatkan pendidikan dini untuk tumbuh kembang kecerdasan psikologis, psikis, maupun kognitif.

Seperti Bunda ketahui bahwa usia keemasan anak berada di kisaran 0 - 6 tahun. Pada usia tersebut anak lebih mudah dalam menyerap ilmu baru. Pada usia tersebut, perkembangan motorik anak bertambah baik, sebanding dengan perkembangan kognitif membuat anak menjadi kreatif dan imajinatif.

Bunda dapat membantunya menyerap ilmu dengan memberi stimulasi yang menarik bagi anak. Beberapa cara untuk merangsang stimulasi adalah bermain, bernyanyi, dan membacakan cerita pendek sebelum tidur.


Banner Journaling Sehatkan MentalFoto: HaiBunda/Mia

Membacakan cerita pendek saat tidur bisa Bunda mulai di malam hari lho. Karena dengan bercerita, Bunda bisa berkomunikasi dua arah bersama Si Kecil. Selain berfungsi sebagai pembuka ilmu dan pengalaman, Bunda juga bisa menyisipkan nasihat-nasihat kepada anak saat mendongeng.

Paling penting adalah kegiatan membaca sebelum tidur dianggap menjadi salah satu stimulus terbaik dalam meningkatkan kedekatan antara Bunda dan Si Kecil. Manfaat lain yang akan bermanfaat untuk anak dari membaca cerita pendek antara lain;

1. Mendongeng meningkatkan kosa kata anak

Pada dasarnya dalam sebuah cerita pendek terdapat struktur bahasa yang baik dan benar. Pada saat orang tua membacakan buku, akan merangsang anak untuk menyerap dan menirukan kata tersebut. Ini artinya Bunda membuat Si Kecil memiliki tambahan kosa kata.

2. Membantu anak menjadi aktif dan kreatif

Sudahkah Bunda menonton Film lawas berjudul Baby's Day Out? Film jenaka ini bercerita mengenai anak bayi yang diculik namun berhasil kabur dan mengunjungi tempat-tempat aneh. Plot twist di akhir film adalah tempat-tempat aneh yang dikunjungi si bayi merupakan lokasi dalam cerita yang sering
dibacakan oleh pengasuh kepada si bayi.

Pesan moral dari cerita ini adalah apa yang diceritakan pada Si Kecil akan melekat di dalam ingatannya. Sehingga secara tidak sadar, ia akan melakukan/mengunjungi hal yang digambarkan dalam buku cerita.

3. Bercerita mampu membentuk moral anak

Pesan moral dan nilai baik bisa Bunda sisipkan dalam cerita-cerita yang disampaikan. Si Kecil jadi tidak merasa sedang digurui, melainkan masuk secara halus ke dalam bawah sadarnya.

Cerita pendek yang disampaikan umumnya jika memberikan contoh konkret sebab dan akibat dari sebuah peristiwa. Maka itu pastikan pesan moral yang ingin Bunda sampaikan adalah nilai-nilai terbaik ya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai reaksi anak Maisy mantan penyanyi cilik saat video YouTubenya dilihat oleh keluarga.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!